Meski COVID-19 reda jangan entengkan virus

id Cuci tangan, hari cuci tangan sedunia

Meski COVID-19 reda jangan entengkan virus

Pakar infeksi dan penyakit tropis anak RS Dr. Cipto Mangunkusumo Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, Sp.A(K), M.TropPaed dalam acara Hari Cuci Tangan Sedunia bersama Lifebuoy di Jakarta, Sabtu (14/10/2023) (ANTARA/Fitra Ashari)

Jakarta (ANTARA) -
Kewaspadaan terhadap virus apapun tetap harus dilakukan, meski memang ada vaksinnya.

Pakar infeksi dan penyakit tropis anak RS Dr. Cipto Mangunkusumo Prof. Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari, Sp.A(K), M.TropPaed meminta masyarakat tidak lalai menjaga kebersihan dan tidak menganggap enteng ancaman virus meskipun COVID-19 telah reda.
 
"COVID-19 terkendali karena cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, vaksin, virus lain ngga ada tempat, tapi kuman lain muncul lagi karena kewaspadaan juga menurun, lalai, dan menganggap enteng," kata Prof. Hinky di Jakarta, Sabtu, berkaitan dengan Hari Cuci Tangan Sedunia yang diperingati setiap 15 Oktober.
 
Ia mengatakan setelah COVID-19 reda, memang tren penyakit kini bergeser dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular.
 
Di sisi lain, masyarakat juga menjadi cenderung mengabaikan kebersihan diri sehingga muncul kembali berbagai penyakit saluran cerna seperti muntah, diare, dan juga yang masuk melalui saluran pernapasan seperti demam, pilek, serta sesak napas yang sulit sembuh.