India minta Kanada tarik diplomatnya dengan batas waktu10 Oktober

id Kanada,India,pengusiran diplomat,tuduhan pembunuhan,berita sumsel, berita palembang

India minta Kanada tarik diplomatnya dengan batas waktu10 Oktober

Ilustrasi bangunan dan bendera India (ANTARA/Pexels/Varam NM)

Washington (ANTARA) - India telah memberitahu Kanada untuk menarik sekitar 40 diplomat mereka dari negara itu, menurut sebuah berita yang diterbitkan pada Senin.

Mengutip sebuah sumber yang memahami permasalahan tersebut, Financial Times menyebutkan bahwa New Delhi memberikan batas waktu hingga 10 Oktober untuk memulangkan mereka dan mengancam akan mencabut kekebalan diplomatik bagi diplomat yang tetap tinggal setelah tanggal tersebut.

Menurut berita tersebut Komisi Tinggi Kanada di New Delhi memiliki lebih banyak diplomat dibanding perwakilan India di Ottawa. Perbedaan ini disebabkan oleh banyaknya bagian konsuler yang diperlukan untuk membantu kerabat dari sekitar 1,3 juta warga Kanada yang keturunan India.

Berita itu juga mengatakan bahwa di Ottawa saat ini ada 62 diplomat India, dan New Delhi telah menginstruksikan untuk mengurangi jumlahnya menjadi 41 orang.

Tindakan pengusiran ini diberitakan di tengah ketegangan kedua negara setelah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau secara terbuka pada 18 September menuduh India terlibat dalam pembunuhan pemimpin Sikh-Kanada Hardeep Singh Nijjar di depan kuil Sikh di Surrey, British Columbia pada Juni lalu.