Pemprov Sumsel bagikan 3,6 juta masker kepada masyarakat

id Palembang ,Masker gratis ,Pemprov Sumsel,berita sumsel, berita palembang

Pemprov Sumsel bagikan 3,6 juta masker kepada masyarakat

Seorang relawan tengah membagikan masker kesehatan di jalan raya kepada warga Kota Palembang, Minggu, dalam upaya mitigasi dampak kabut asap yang disebabkan karhutla. (Antara/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) membagikan sebanyak 3,6 juta masker ke masyarakat secara gratis menyikapi kondisi udara yang tidak sehat di wilayah setempat dampak kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).
 
Kepala Dinas Kesehatan Sumsel dr Trisnawarman di Palembang, Minggu, mengatakan pembagian masker tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar menggunakan masker karena Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) di Kota Palembang saat ini sudah masuk kategori berbahaya di atas angka 300. Artinya, tingkat mutu udara yang dapat merugikan kesehatan serius pada populasi dan perlu penanganan cepat.
 
Ia menambahkan program membagikan masker tersebut sesungguhnya telah dilakukan sejak awal kabut asap mulai mengepung dan dibagikan sebanyak 1,2 juta masker. Kemudian ditambah hingga mencapai 3,6 juta helai.
 
"Sebagai upaya kami untuk mengedukasi masyarakat untuk mengenakan masker karena ISPU saat ini sudah sangat berbahaya," katanya.
 
Ia menambahkan pembagian masker tersebut dilakukan serentak di delapan titik kawasan ramai penduduk di Kota Palembang.
 
Ia menghimbau masyarakat untuk tidak terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan dan secara bijak menggunakan masker apabila sangat diharuskan untuk keluar rumah.