Dinas Kelaikan TNI-AD cek alutsista Yon Kav 5/DPC di Muara Enim

id Dinas Kelaikan TNI-AD, duslaikad, periksa alutsista, alutsusta , Yon Kav 5/DPC, yonkav di Muara Enim , kodam sriwijaya

Dinas Kelaikan TNI-AD cek alutsista Yon Kav 5/DPC di Muara Enim

Dinas Kelaikan TNI-AD lakukan pemeriksaan alutsista Yon Kav 5/DPC di Muara Enim (ANTARA/HI/23)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kelaikan TNI-AD (Dislaikad) melakukan pemeriksaan alat utama sistem pertahanan (alutsista) di Batalyon Kavaleri 5/DPC, Desa Karang Endah, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

"Pemeriksaan materiil (rikmat) itu dilakukan untuk
memastikan kesiapan alutsista yang akan digunakan pada latihan YTP Yonif 144/JY di Rahlat Puslatpur Baturaja pada pekan kedua Oktober 2023," kata Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Kav Rohyat Happy Ariyanto di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, untuk mengetahui kendala yang tengah dihadapi oleh satuan-satuan yang terlibat dalam latihan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) Yonif 144/JY dilakukan rikmat alutsista.

Selain persenjataan, dilakukan juga rikmat/ pemeriksaan alat komunikasi, dan kendaraan pengangkut personel yang akan digunakan untuk mendukung kegiatan latihan YTP Yonif 144/JY.

"Dengan pemeriksaan peralatan itu diharapkan dapat terselenggara latihan Batalyon Tim Pertempuran (YTP) yang sesuai dengan standarisasi TNI-AD," ujar Kapendam II/Swj.

Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan (Kalakgiat) Rikmat dari Dislaikad Kolonel CPL. Mohammad Edy Suharjoko meminta satuan yang terlibat latihan YTP Yonif 144/JY dapat menyampaikan kondisi nyata dari setiap alutsista.

Dengan diketahui kondisi nyata alutsista, katanya, komando atas dapat mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kendala yang tengah dihadapi, sehingga pada waktu pelaksanaan latihan YTP Yonif 144/JY seluruh alutsista dapat beroperasional dengan baik, ujarnya.

Komandan Batalyon Kavaleri 5/DPC Mayor Kav Fredy Pramono Putra mengatakan
pihaknya berupaya menyiapkan pasukan untuk
melakukan berbagai persiapkan menghadapi latihan tersebut.

Persiapan dilakukan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota, sehingga mengenali dan menguasai setiap alutsista yang dibebankan kepada tiap-tiap perorangan.

"Jadikan latihan YTP sebagai sarana menimba ilmu dan menambah pengalaman mengingat latihan tersebut merupakan latihan puncak tingkat batalyon yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali," ujar dia.