Ribuan soto koya khas Kota Probolinggo pecahkan rekor MURI

id soto koya kota probolinggo,rekor MURI,soto koya,berita sumsel, berita palembang

Ribuan soto koya khas Kota Probolinggo pecahkan rekor MURI

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin menerima piagam penghargaan rekor MURI dari perwakilan MURI Sri Widayati di Kota Probolinggo, Rabu (6/9/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kota Probolinggo

Kota Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Sebanyak 8.000 porsi soto ayam koya yang merupakan kuliner khas Kota Probolinggo, Jawa Timur memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang ke 11.210 di kota setempat.

"Rekor dunia, piagam penghargaan MURI No. 11.210/R.MURI/IX/2023 dianugerahkan kepada Pemerintah Kota Probolinggo, atas rekor pemrakarsa dan penyelenggara sajian soto ayam koya terbanyak, 8.000 porsi," kata Representatif MURI Sri Widayati dalam keterangan tertulis di Kota Probolinggo, Kamis.

Sajian soto ayam dengan taburan koya yang merupakan warisan budaya tak benda asal Kota Probolinggo itu berhasil mencetak MURI dengan penyajian sebanyak 8.000 porsi yang digelar di Rumah Dinas Dandim 0820 Probolinggo, Rabu (6/9).

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengaku bangga terhadap salah satu menu khas Kota Probolinggo tercatat secara resmi di MURI karena hal itu tidak mungkin tercipta tanpa adanya dukungan kebersamaan dari semua pihak.

"Terima kasih pada semua yang sudah ikut serta dan berbaur bersama semua elemen dan lapisan masyarakat, untuk menyukseskan acara itu," tuturnya.

Menurut di, hal itu menunjukkan bahwa makanan khas Kota Probolinggo patut dibanggakan. Selain itu, juga selaras dengan komitmen Pemerintah Kota Probolinggo dalam menggerakkan perekonomian masyarakat.