Dokter internis bagikan cara hidup sehat penderita anemia

id Anemia,Hidup Sehat,donor darah,megnatasi anemia

Dokter internis bagikan cara hidup sehat penderita anemia

Ilustrasi - Siswa menunjukkan tablet tambah darah. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis penyakit dalam atau internis dr. Aru Ariadno Sp.PD-KGEH, FINASIM memberikan beberapa kiat hidup sehat untuk para penderita anemia.

“Anemia adalah suatu kondisi dimana sel darah merah atau Hb yg rendah dari batas normal sesuai batasan WHO,” kata Aru melalui pesan singkat kepada ANTARA, Minggu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan batasan hemoglobin yang mengalami anemia pada laki-laki dewasa adalah <13 g/dl, perempuan dewasa <12 g/dl, dan perempuan hamil <11 g/ dl. Batasan klinis yang umum digunakan adalah hemoglobin <10 g/dl untuk menyatakan adanya anemia.

Aru, yang menyelesaikan pendidikan dokter spesialis penyakit dalam di Universitas Gadjah Mada, mengatakan anemia bisa disebabkan banyak hal, salah satunya adalah kebocoran darah (seperti perdarahan dari berbagai hal, yakni menstruasi berlebih, hemoroid berdarah, atau luka yang menimbulkan kehilangan darah). Selain itu, anemia juga dapat disebabkan oleh gangguan penyerapan zat-zat pembentuk sel darah merah, hingga gangguan dari dalam tubuh, seperti thalasemia, alergi, lupus, anemia hemolitik kanker darah dan sebagainya.

“Jadi, pengobatan anemia tergantung dari penyebabnya,” kata Aru.