Jembatan gantung putus saat lomba renang HUT RI di OKU Sumsel

id Jembatan gantung, perlombaan renang, HUT RI, Polres OKU,Lomba renang HUT RI di OKU Sumsel,Lomba renang HUT RI jembatan g

Jembatan gantung putus saat lomba  renang HUT RI di OKU Sumsel

Polisi pasang garis polisi di jembatan gantung Desa Banjar Sari, Kabupaten OKU. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Lomba renang di Sungai Ogan, Desa Banjar Sari, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan, mengakibatkan jembatan gantung putus karena tak kuat menahan beban warga yang menonton melimpah dan terjatuh ke sungai.

"Peristiwa naas ini terjadi kemarin sore sekitar pukul 16.30 WIB saat masyarakat sedang asik menonton lomba renang dari atas jembatan gantung," kata Kapolsek Semidang Aji IPDA Hartomi di Baturaja, Sabtu.

Dia menjelaskan, kejadian itu bermula ketika ratusan warga menyaksikan perlombaan di atas jembatan gantung yang menghubungkan daerah tersebut.

Namun, peristiwa naas terjadi saat salah satu tali pengikat jembatan gantung di sisi kiri menjadi kendur dan akhirnya terputus karena tidak kuat menahan beban hingga beberapa orang warga terjatuh ke sungai.

Beruntung warga lainnya yang berada di seberang sungai langsung melakukan pertolongan menggunakan peralatan seadanya sehingga insiden tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Menurut dia, berdasarkan pendataan sebanyak tiga orang warga mengalami luka cukup serius hingga terpaksa menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

"Kami telah melakukan pendataan korban dan memeriksa kondisi mereka di rumah sakit. Mayoritas korban hanya mengalami cidera ringan. Hanya tiga orang yang masih menjalani perawatan inap di rumah sakit itupun kondisinya telah membaik secara perlahan," ujarnya.

Pihaknya pun saat ini telah memasang garis polisi di jembatan gantung tersebut, termasuk melakukan olah TKP untuk lebih memastikan penyebab peristiwa kecelakaan itu.

Sementara, Camat Semidang Aji Dicki Tirta Hadi sebelumnya telah mengingatkan warga untuk tidak berkerumun di atas jembatan gantung saat perlombaan berlangsung.

Meski demikian, warga tetap saja melanggar imbauan tersebut dan berada di atas jembatan hingga mengakibatkan insiden itu terjadi.

"Alhamdulillah kondisi korban yang dirawat di rumah sakit saat ini sudah membaik," ujarnya.