Pengamat: Padi berumur pendek solusi hadapi kemarau

id Antisipasi El Nino, padi umur pendek, percepatan tanam, Pemprov Lampung,berita sumsel, berita palembang

Pengamat: Padi berumur pendek solusi hadapi kemarau

Ilustrasi- Bulir padi milik petani yang ada di Kabupaten Lampung Tengah. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Pengamat pertanian yang juga Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung Irwan Sukri Banua mengatakan penggunaan varietas padi berumur pendek dapat menjadi solusi dalam menghadapi musim kemarau.

"Dalam menghadapi musim kemarau akibat El Nino ada beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan percepatan tanam," ujar Irwan Sukri Banua di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan untuk mempercepat masa tanam padi sebagai upaya mengantisipasi adanya musim kemarau, petani dapat menggunakan varietas padi yang memiliki umur panen pendek.

"Untuk percepatan tanam bisa memilih varietas padi berumur pendek seperti genjah yang umurnya kurang dari 100 hari. Lalu bisa juga varietas MAPAN 05 yang umurnya juga pendek," katanya.

Menurut dia, penggunaan varietas padi berumur pendek di musim kering tersebut dapat mengantisipasi tidak terisinya malai padi secara utuh akibat kekurangan air, yang mengakibatkan gagal panen.

"Karena kita khawatir saat pengisian malai itu akan kekurangan air jadi banyak padi yang tidak berisi, jadi bisa gunakan benih yang cepat panen. Semua varietas bisa dicoba terutama untuk kondisi sekarang ini semua berkejar dengan waktu untuk memanfaatkan sisa hujan," ucapnya.