Festival Tenun Songket Nusantara hadirkan 6.000 UMKM

id tenun dan songket,festival tenun songket

Festival Tenun Songket Nusantara hadirkan 6.000 UMKM

Penari tradisional menggunakan pakaian dari tenun dan songket dalam acara Gathering dan konferensi pers Festival Tenun Songket Nusantara & UMKM Expo 2023 di Jakarta, Rabu (9/8/2023). ANTARA/Kuntum Riswan.

Jakarta (ANTARA) - Komunitas Indonesia Internasional Fashion Art & UKM (Kadiifa) menghadirkan 6.000 usaha mikro, kecil dan menengah di Festival Tenun Songket Nusantara & UMKM Expo 2023 pada 2-7 September 2023, dalam rangka menjaga dan melestarikan tenun dan songket sebagai warisan budaya nasional.

“Tahun ini adalah tahun kebangkitan pengusaha UMKM, khususnya perajin tenun. Event akbar ini merupakan permintaan dari para pelaku UMKM yang menjadi binaan Kadiifa di 38 provinsi yang didukung Kementerian Dalam Negeri, serta 20 kementerian terkait, dan pemerintah daerah,” ujar Ketua Umum Kadiifa Anna Mariana saat konferensi pers Festival Tenun Songket Nusantara & UMKM Expo 2023 di Jakarta, Rabu.

Anna menjelaskan 6.000 UMKM yang akan mengikuti festival yang akan berlangsung di Gelora Bung Karno tersebut didominasi oleh UMKM tenun dan songket binaan Kadiifa, Kementerian BUMN dan komunitas lain. Selain UMKM tenun dan songket, juga terdapat UMKM komoditas lain seperti rempah, kraft, asesoris hingga kuliner nusantara.

Tujuan utama penyelenggaraan festival UMKM yang disebutnya terbesar di Asia tersebut adalah mewadahi terjadinya business to business agar ada keberlanjutan dengan kuantitas besar. Kadiifa juga siap membantu pelaku UMKM dalam mendapatkan sertifikasi, permasalahan packing hingga akses pembiayaan.