Pakar tekankan penting jaga keamanan agartak tertipu belanja daring

id Waspada belanja daring,Keamanan digital ,Literasi digital,siberkreasi,belanja daring,belanja online,keamanan siber,berita sumsel, berita palembang

Pakar tekankan penting jaga keamanan agartak tertipu belanja daring

Arsip foto Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja secara daring di salah satu situs belanja di Bogor, Jawa Barat, Senin (21/3/2022). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nym/pri)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Sobat Cyber Indonesia Virna Lim menekankan pentingnya menjaga keamanan agar tidak mengalami penipuan atau pemalsuan saat berbelanja daring.

“Penipuan dan pemalsuan barang merupakan hal yang marak terjadi setiap belanja daring. Permasalahan ini tentunya bukan hanya merugikan konsumen, tetapi juga pemilik hak cipta dan perekonomian negara,” kata Virna dalam lokakarya bertema "Main Aman saat Bertransaksi Online" yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, dalam siaran pers, Rabu.

Virna menilai saat ini platform belanja daring semakin beragam, tak hanya di e-commerce, tetapi, juga di media sosial. Untuk itu, diperlukan kehati-hatian agar masyarakat tidak tertipu saat berbelanja.

Virna mengatakan terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan masyarakat agar aman saat berbelanja daring, salah satunya dengan mengecek reputasi toko daring. Pastikan konsumen memeriksa testimoni dari pelanggan lain sebelum bertransaksi.

"Toko daring palsu kerap tidak mengaktifkan kolom komentar. Hal ini disengaja untuk menghindari testimoni pelanggan yang tertipu. Jika sebuah akun toko daring berganti nama puluhan kali, hampir dipastikan ia adalah toko palsu," kata Virna.