Warga OKU peroleh bendera gratis

id hut ri, hari kemerdekaan, 17 agustus, Kesbangpol OKU

Warga OKU peroleh bendera gratis

Pemkab OKU membagikan bendera merah putih dalam rangka menyambut HUT RI ke 78 tahun 2023, Selasa (8/8/2023. (FOTO ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menyebar sebanyak 3.500 lembar bendera Merah Putih yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat di daerah itu.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten OKU Taufik di Baturaja, Selasa mengatakan, gerakan 10 juta bendera merah putih yang digagas pemerintah pusat tersebut dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-78 tahun 2023.

Gerakan tersebut dilakukan sesuai dengan surat Kementerian Dalam Negeri tanggal 1 Agustus tahun 2023 tentang dukungan dan publikasi gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih di seluruh Indonesia.

"Untuk Kabupaten OKU sendiri sebanyak 3.500 bendera yang dibagikan kepada masyarakat secara gratis," katanya.

Ribuan bendera Merah Putih dibagikan kepada masyarakat Kabupaten OKU yang disebar hingga ke desa-desa melalui pemerintah kecamatan masing-masing.

Dia menjelaskan, pembagian ribuan bendera bertujuan untuk menggugah rasa cinta Tanah Air dan meningkatkan semangat nasionalisme.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memelihara kecintaan warga negara terhadap simbol-simbol negara, salah satunya berupa Bendera Merah Putih," katanya.

Hal itu sekaligus untuk memberikan makna bagaimana nilai-nilai pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan kita dalam menghadapi tantangan yang ada.

Sebab, kata dia, kecintaan warga negara terhadap simbol negara sangatlah penting guna mempersatukan rakyat Republik Indonesia agar semakin kokoh.

“Semakin cinta warga negara dengan simbol negara, maka kerekatan warga dengan negara akan semakin kuat,” demikian Taufik.