Gubernur Sumsel minta PWI terus jaga profesionalisme dan independensi

id hut pei, gubernur sumsel,profesionalisme dan independensi

Gubernur Sumsel minta PWI terus jaga profesionalisme dan independensi

Gubernur Sumsel H Herman Deru berfoto bersama saat menghadiri Seminar Nasional Hari Pers Nasional yang digelar Kota Lubuk Linggau Sumatera Selatan, Sabtu. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru meminta PWI Sumatera Selatan terus mengawal para anggotanya untuk tetap profesional, menjaga kualitas serta independen.

Hal itu disampaikan Gubernur Herman Deru saat menghadiri Seminar Nasional Peringatan Hari Pers Nasional  ke-77 yang dipusatkan di Kota Lubuk Linggau Sumatera Selatan, Sabtu.

Kegiatan itu dihadiri juga oleh Ketua Dewan Pers Dr Ninik Rahayu, Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe , Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar dan Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah serta para anggota perwakilan PWI se-Sumsel.

Ia menyebutkan, keberadaan PWI sudah teruji selama 77 tahun. Hal yang terpenting saat ini adalah menjaga eksistensi dan nama baik wartawan.

"Setiap orang bisa menjadi wartawan apa saja. wartawan olahraga, pendidikan, kesehatan , kuliner. Berita didapat darimana saja, apalagi berira online  dapat diterima dimana saja, secara realtime.  Namun keberadaan PWI tetap berdiri kokoh di tempatnya dengan selalu menjaga eksistensi dan nama baik wartawan," katanya.  

Ia mendorong PWI Sumsel memasifkan pelaksanaan  Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) untuk wartawan. Karena, UKW  sebagai barrier dalam melaksanakan kerja jurnalis.

Gubernur Sumsel juga memberikan pesan kepada anggota PWI untuk tetap menjaga kualitas dan independensinya sesuai dengan tagline yang bertema ‘Pers Sehat, Demokrasi Berkualitas, Pembangunan Daerah Maju’.