Rutin membersihkan wajah bisa mencegah efek negatif polusi udara

id polusi udara,kebersihan wajah,kesehatan kulit,Mencuci wajah,Membersihkan wajah,Kesehatan wajah,Kulit wajah,Perawatan waj,berita sumsel, berita palemba

Rutin membersihkan wajah bisa mencegah efek negatif polusi udara

Ilustrasi - Mencuci wajah. (ANTARA/Shutterstock/pri)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis kulit dan kelamin Dr. dr. Dhelya Widasmara Sp.KK (K) FINSDV mengatakan cara terbaik untuk menghindari efek negatif dari paparan polusi udara adalah dengan rutin menggunakan sabun pencuci muka untuk menjaga kebersihan kulit wajah.

“Jadi, sabun cuci muka wajib dan sesuaikan dengan masing-masing misalnya kulit kering berjerawat dan kombinasi,” ucap Dhelya dalam diskusi kesehatan yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat.

Lulusan S3 Universitas Airlangga, Surabaya, itu mengatakan jika tidak rutin mencuci muka, pori-pori akan tersumbat oleh kotoran akibat polusi udara dan riasan sehingga jerawat serta noda hitam akan mudah muncul.
 

Dokter yang akrab disapa Lala itu mengatakan sabun cuci muka juga harus disesuaikan dengan jenis kulit, seperti misalnya kulit kering dan normal, maka sabun muka yang cocok digunakan adalah yang mengandung niacinamide.

Selain itu, untuk mencegah masalah kulit kemudian hari, Lala menganjurkan untuk menggunakan tabir surya meskipun berkegiatan hanya di dalam rumah. Tabir surya dapat berfungsi sebagai anti penuaan yang paling baik.