Menag: Pencarian peserta haji hilang tidak ada batas waktu

id Haji 2023, haji hilang, Kemenag,berita sumsel, berita palembang

Menag: Pencarian peserta haji hilang tidak ada batas waktu

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas saat menyampaikan keterangan kepada wartawan usai menyambut kepulangan petugas haji di Bandara Internasional  Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (27/7/2023). (ANTARA/Andi Firdaus).

Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pencarian terhadap peserta ibadah haji yang hilang di Tanah Suci tidak memiliki batas waktu.

"Saya sudah perintahkan kepada para petugas terutama linjam (perlindungan jamaah) di sana untuk terus mencari jamaah kita yang masih hilang ini tanpa batas waktu," kata Yaqut Cholil Qoumas usai menyambut kepulangan petugas haji di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis.  

Ia mengatakan, pencarian terhadap peserta haji yang hilang dapat dinyatakan selesai bila otoritas Arab Saudi yang menyatakan bahwa memang yang bersangkutan sudah tidak bisa ditemukan.   

Menurut Yaqut, pihaknya terus berikhtiar mencari peserta haji yang hilang saat pelaksanaan puncak ibadah.

Kemenag melaporkan, sebelumnya terdapat delapan peserta haji yang dinyatakan hilang, tujuh orang di antaranya berhasil ditemukan. Sedangkan satu lainnya atas nama Idun Rohim Zen (87) masih dalam proses pencarian.