Pemkab OKU Timur operasikan lagi pasar hewan di Semendawai Suku III

id Pasar hewan, hewan ternak, sapi potong, dana KUR, Pemkab OKU Timur

Pemkab OKU Timur operasikan lagi pasar hewan di Semendawai Suku III

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah membuka kembali pasar hewan di Desa Margodadi, Kecamatan Semendawai Suku III, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Ogan Komering Ulu Timur, Sumse (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, mengoperasikan kembali pasar hewan di Desa Margodadi Kecamatan Semendawai Suku III yang sempat terbengkalai guna mendongkrak perekonomian daerah.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Dìskanak) OKU Timur Yuni Haryanto di Martapura, Kamis, mengatakan bahwa dibukanya pasar hewan ini atas permintaan para pedagang ternak sapi di wilayah itu.

Pedagang meminta pemerintah setempat membuka kembali pasar hewan sebagai tempat jual beli sapi potong yang sudah dilakukan masyarakat secara turun-temurun.

Sesuai fungsinya, pasar hewan menampung dan memasarkan ternak dengan harga yang jelas sehingga tidak merugikan pedagang maupun pembeli.

Pasar hewan di Desa Margodadi, Kecamatan Semendawai Suku III buka setiap akhir pekan sebagai tempat jual beli ternak sapi potong.

Ia berharap dengan dibukanya kembali pasar hewan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama para peternak sapi di wilayah itu agar semakin meningkat.

"Dìskanak OKU Timur juga siap mendukung pedagang sapi agar pasar hewan ini ke depannya semakin berkembang," ujarnya.

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah menambahkan, dibukanya pasar hewan diharapkan dapat menggeliatkan perekonomian OKU Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menawarkan permodalan untuk pedagang mengembangkan usahanya melalui dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Namun, untuk mendapat pinjaman KUR para pedagang harus terlebih dahulu membuat paguyuban sehingga bisa diakomodir sebagai penanggung jawab," ujarnya.