Hindari tabrakan di laut KM Sakura Expres menghindar meski harus kandas, 151 penumpang dievakuasi

id Kapal kandas,evakuasi penumpang,bangka belitung,km SAKURA EXPRES

Hindari tabrakan di laut KM Sakura Expres menghindar meski harus kandas,  151 penumpang dievakuasi

Petugas Basarnas sedang mengevakuasi balita yang merupakan salah satu penumpang KM Sakura Express yang mengalami kandas pada Kamis (14/7/2023) petang di perairan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung. Evakuasi seluruh penumpang selesai pada Jumat (14/7/2023) dini hari pukul 00.10 WIB . (ANTARA/HO-Basarnas Pangkalpinang).

Pangkalpinang (ANTARA) - Tim SAR gabungan berhasil melakukan evakuasi 151 penumpang KM Sakura Express yang mengalami kandas pada Kamis (14/7) petang di perairan Pangkalbalam,  Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung I Made Oka Astawa dalam keterangannya yang diterima di Pangkalpinang, Jumat dini hari, mengatakan evakuasi dilakukan dengan memindahkan penumpang dari KM Sakura Ekspress ke KN SAR Karna.

Oka menjelaskan sebanyak 151 penumpang yang terdiri dari 116 penumpang dewasa, tujuh anak-anak dan 28 crew berhasil dievakuasi dan sandar di dermaga penumpang Pelindo Pangkal Balam pada Jumat dini hari pukul 00.10 WIB.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Tim Rescue Basarnas Bangka Belitung, Polairud Polda Kepulauan Babel, KSOP Pangkal Balam, KPLP Tanjung Priok,KKP Pangkalpinang, Agen PT BMNL dan Pelindo Pangkal Balam berhasil mengevakuasi korban KM Sakura Express yang mengalami kandas di 2° 8.515'S 106° 13.812'T.

Sebelumnya Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang menerima informasi pada Kamis (13/7) pukul 20.03 WIB, bahwa ada salah satu kapal roro yang mengalami kandas dan mati mesin, berpapasan dengan kapal lain yang menghalangi jalur kapal KM Sakura Express sehingga Nakhoda KM Sakura Express langsung berbelok ke arah kanan kapal sehingga kapal kandas.