Kecamatan BSA OKU Selatan diproyeksikan jadi kawasan perkotaan

id Kawasan perkotaan, konsultasi publik, Gunung Terang, kawasan penyangga, Pemkab OKU Selatan

Kecamatan BSA OKU Selatan  diproyeksikan jadi kawasan perkotaan

Pemkab OKU Selatan menggelar Rapat Laporan Pendahuluan Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Perkotaan Gunung Terang di OKU Selatan, Sumsel, Selasa (11/7/2023). ANTARA/HO-Diskominfo OKU Selatan

Muaradua (ANTARA) - Wilayah Kecamatan Buay Sandang Aji (BSA), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan, diproyeksikan menjadi Kawasan Perkotaan Gunung Terang dan sebagai kawasan penyangga.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda OKU Selatan Natalion di Muaradua, Sumsel, Selasa mengatakan, sesuai Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten OKU Selatan Tahun 2021-2040, Kecamatan BSA ditetapkan sebagai Kawasan Perkotaan Gunung Terang.

Menurut dia, secara administrasi Kecamatan BSA terdiri atas 16 desa dengan luas wilayah 18.612,15 ha, sehingga layak menjadi kawasan perkotaan strategis.

Selain sebagai pusat pelayanan kawasan (PPK), di kawasan ini juga akan dibangun prasarana lainnya seperti jalur evakuasi bencana, jaringan distribusi, bak penampungan air hujan, sumur bor, serta tempat penampungan sementara (TPS).

Terdapat empat alternatif dalam penyusunan RDTR yaitu pertama terdiri atas tujuh desa yang masuk ke dalam wilayah perkotaan meliputi Gunung Terang, Kota Karang, Madura, Negeri Agung, Negeri Batin, Sukarami, dan Tanjung Raya.

Sedangkan, pada alternatif 2-3 terdapat tiga tambahan desa masing-masing Desa Gunung Lepihan, Suka Banjar, dan Sukaraja II, yang mana dalam perkiraannya ada perkembangan ke arah selatan dan masuk ke daerah Sukaraja.