Pasien diabetes melitus meningkat sebesar 56 persen

id Diabetes,Gula,Diabetes melitus,Diabetes tipe 2,FKUI

Pasien diabetes melitus meningkat sebesar 56 persen

Praktisi kesehatan Prof. Dr. dr. Rr. Dyah Purnamasari Sulistianingsih, Sp.PD, K-EMD, FINASIM memaparkan materi di Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Jakarta, Jumat (7/7/2023). (ANTARA/Sean Filo Muhamad)

Jakarta (ANTARA) - Praktisi kesehatan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dyah Sulistianingsih mengungkapkan pasien diabetes melitus (diabetes tipe 2) mengalami peningkatan sebesar 56 persen secara global dalam tiga dekade terakhir.
 
"Sekarang terdapat peningkatan tren diabetes melitus tipe 2 yang melanda secara global sebesar 56 persen," katanya saat ditemui di Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) di Jakarta, Jumat.
 
Dyah yang juga Ketua Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Penyakit Dalam FKUI itu mengatakan tren peningkatan jumlah pasien diabetes melitus umumnya diakibatkan oleh pasien diabetes melitus dengan usia kurang dari 40 tahun.
 
Dia mengatakan prevalensi diabetes tipe 2 di Indonesia saat ini adalah 19,5 juta penderita, dan dalam dua dekade ke depan jumlahnya diperkirakan sebesar 150 persen.