Jamaah haji lakukan Tawaf Ifadah

id Haji, masjidil haram,tawaf ifadah,jamaah haji,jamaah indonesia,ibadah haji 2023,puncak haji

Jamaah haji lakukan Tawaf Ifadah

Jamaah haji melakukan tawaf ifadah mengelilingi kaÕbah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (1/7/2023). Jutaan jamaah haji melakukan tawaf ifadah yang menjadi rukun haji usai melakukan wukuf di Arafah dan lempar jamrah di Jamarat. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

Mekkah (ANTARA) - Jamaah haji, termasuk dari Indonesia, memadati Masjidil Haram pada Minggu untuk melakukan shalat dan Tawaf Ifadah yang merupakan rangkaian rukun haji.

Berdasarkan pantauan, secara berkelompok mereka berangkat dari hotel tempat menginap menuju Masjidil Haram setelah menuntaskan rangkaian puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

"Jamaah haji Indonesia sudah berada di Mekkah, mereka beristirahat, sebagian ada yang ke Masjidil Haram untuk Tawaf Ifadah," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief.

Dia mengatakan sebagian jamaah ada yang istirahat di hotel untuk mengumpulkan energi karena perjalanan dari Mina ke Mekkah cukup panjang.

"Antrean di mana-mana, sehingga menguras energi jamaah," kata Hilman.



Hilman mengimbau bagi jamaah yang masih kelelahan agar menunda dulu Tawaf Ifadah di Masjidil Haram dan beristirahat di hotel.

"Ini sudah diatur baik oleh ketua kloter atau pimpinan KBIHU atau Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah, " kata Hilman.