Dolar AS stabil jelang kesaksianKetua Fed di Kongres

id dolar AS,indeks dolar,aset aman,kesaksian ketua Fed',Kongres AS

Dolar AS stabil jelang kesaksianKetua Fed di Kongres

Arsip foto - Uang kertas dolar AS terlihat dalam ilustrasi ini diambil 10 Maret 2023. ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/pri. (REUTERS/DADO RUVIC)

New York (ANTARA) - Dolar AS berada di kisaran ketat terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), karena investor mempertahankan sikap menunggu dan melihat satu hari menjelang kesaksian Ketua Federal Reserve Jerome Powell di Kongres AS.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya, naik tipis 0,01 persen menjadi 102,5371 pada akhir perdagangan.

Dolar menguat pada Selasa (20/6/2023) pagi, berkat pembangunan perumahan dan izin mendirikan bangunan yang mengalahkan ekspektasi di Amerika Serikat pada Mei dan permintaan safe-haven yang kuat sebelum memangkas sebagian besar kenaikannya pada sore hari.

Amerika Serikat melaporkan 1,631 juta unit perumahan tahunan pada Mei, lebih tinggi dari perkiraan konsensus 1,4 juta unit dan 1,34 juta unit pada April, menurut data yang dikeluarkan oleh Biro Sensus AS pada Selasa (20/6/2023) pagi.

Sementara itu, tingkat izin mendirikan bangunan tahunan mencapai 1,491 juta unit pada Mei, lebih tinggi dari perkiraan konsensus 1,433 juta unit dan 1,417 juta unit di bulan sebelumnya.

Jatuhnya pasar saham dan harga komoditas juga mendorong permintaan safe haven dan memperkuat dolar AS pada Selasa (20/6/2023).