Bupati Banyuasin harapkan Penas KTNA tingkatkan motivasi dan gairah petani-nelayan

id penas ktna, petani, nelayan,banyuasin, bupati,askolani

Bupati Banyuasin harapkan Penas KTNA tingkatkan motivasi dan gairah petani-nelayan

Bupati Banyuasin H Askolani mengenakan tapi kepada anggota Kontingen Penas KTNA Kabupaten Banyuasi untuk mengikuti PenasKTNA ke-16 di Kota Padang Sumatera Barat. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Bupati Banyuasin H Askolani berharap Pekan Nasional Kontak Tani dan Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI 2023 di Kota Padang, Sumatera Barat,  mampu meningkatkan motivasi dan kegairahan petani serta nelayan di Indonesia.

“Pelaksanaan Penas KTNA itu adalah untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan petani-nelayan serta masyarakat pelaku agribisnis," kata Askolani di Banyuasin, Sabtu.

Penas KTNA merupakan forum pertemuan para kontak tani nelayan sebagai media konsolidasi, komunikasi dan informasi kontak tani selaku pelaku utama dengan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan atau pelaku usaha.

Menurut dia, Penas KTNI juga mempunyai tujuan meningkatkan kepemimpinan dan kemandirian KTNA untuk menguatkan kelembagaan KTNA, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, meningkatkan jiwa wirausaha dan kesadaran terhadap lingkungan.

Ia berharap, 45 kontingen Kabupaten Banyuasin ke Penas KTNA di Padang itu memanfaatkan momen kegiatan di Kota Padang,10-15 Juni 2023, secara maksimal, berinteraksi dan sharing dengan peserta serta kontingen dari daerah lain.

"Bawalah pulang berbagai hal positif yang nantinya dapat bermanfaat serta menjadi inovasi bagi para peserta di masa yang akan datang," kata bupati.

Ia juga meminta seluruh peserta yang mengikuti kegiatan itu, agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, sehingga apa yang diperoleh pada kegiatan itu baik pengetahuan maupun keterampilan termasuk akses kerjasama bisnis, dapat meningkatkan percepatan pembangunan pertanian dalam arti luas di Sumatera Selatan terkhusus di Kabupaten Banyuasin.

"Pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan," kata Bupati Askolani menambahkan.