Pemkab Muba dorong minat bisnis pangan "Beragam Bergizi Seimbang Aman"

id muba, pangan,b2sa, sekayu, musi banyuasin,apsneku, sumsel,bisnis pangan

Pemkab Muba dorong minat bisnis pangan "Beragam Bergizi Seimbang Aman"

Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Muba Hj Asna Aini Apriyadi meresmikan (launching) Dapur Kreasi Menu B2SA Kabupaten Muba, Sumsel. ANTARA/HO-Diskominfo

Sekayu, Muba (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) Sumatera Selatan (Sumsel) menjadikan gerakan menu "Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) untuk menumbuhkan minat bisnis masyarakat mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi bernilai ekonomis.

"Pemkab Muba menggelar lomba cipta menu beragam bergizi seimbang dan aman, diharapkan masyarakat mengolah potensi pangan lokal kita menjadi produk B2SA dan memberikan nilai ekonomis," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Muba Ali Badri, di Muba, Sabtu.

Menurut dia, makanan atau menu B2SA itu juga memberikan nilai tambah pengolahan dan pemanfaatan produk pangan lokal berkelanjutan.

Lebih lanjut, ia menyebutkan gerakan B2SA juga akan menjadi pemicu kreativitas dan inovasi produk makanan para pelaku usaha makanan, terutama jadi peluang bagi ibu-ibu rumah tangga mengolah bahan pangan untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Untuk mendorong kegiatan itu, Pemkab Muba menggandeng Asosiasi Pengusaha Kue dan Kuliner (Aspenku) Sumsel, sehingga dapat bermitra untuk mengembangkan pangan lokal yang bernilai komersial berupa oleh-oleh makanan khas "Bumi Serasan Sekate" itu.

Untuk menggairahkan produk B2SA tersebut, Pemkab Muba menggelar Lomba Cipta Menu Beragam Gizi Berimbang dan Aman (B2SA), menghadirkan 30 peserta perwakilan dari 15 kecamatan dalam Kabupaten Muba. Pada kesempatan itu Penjabat Ketua TP PKK Kabupaten Muba Hj Asna Aini Apriyadi meresmikan (launching) Dapur Kreasi Menu B2SA Kabupaten Muba.

"Kegiatan ini tindak lanjut instruksi Gubernur Sumsel yaitu untuk mendukung Sumsel Mandiri Pangan Masyarakat Sumsel Sehat Aktif dan Produktif. Muba gerak cepat meresmikan Dapur Kreasi Menu B2SA," kata Asna.

Ia berharap Pengurus Aspenku Kabupaten Muba bisa menjadi motor di bidang kuliner dan optimalisasi pangan B2SA. Peran kaum perempuan sangat diandalkan utamanya para ibu untuk mengampanyekan pangan beragam, bergizi dan berkualitas.

Ketua Umum Aspenku Sumsel Bunda Rayya, yang melantik langsung Pengurus Aspenku Kabupaten Muba Masa Bakti 2023-2026, berharap anggota asosiasi itu untuk terus bersemangat dan senantiasa berinovasi dalam memajukan kuliner, khususnya di Kabupaten Muba. 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Muba tumbuhkan bisnis pangan "Beragam Bergizi Seimbang Aman"