15 kabupaten di Sumsel jalankan program TPBIS

id Kabupaten, perpustakaan, literasi, minat baca, program tpbis, transformasi perpustakaan, berbasi inklusi sosial, bantua

15 kabupaten di Sumsel jalankan program TPBIS

Kadispustaka Sumsel Fitriana. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak15 kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan hingga Mei 2023 ini telah menjalankan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

Daerah yang telah menjalankan program TPBIS yakni Kota Palembang, Prabumulih, Lubuklinggau, Kabupaten Musirawas, Musirawas Utara, Muara Enim, Empat Lawang, Pali, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, dan Kabupaten OKU Selatan.

Kepala Dinas Perpustakaan (Dispustaka) Provinsi Sumatera Selatan Fitriana di Palembang, Kamis, mengatakan berdasarkan monitoring pelaksanaan program TPBIS  tersebut belum berjalan dengan baik, sehingga perlu dilakukan berbagai upaya untuk mendorong pelaksanaan program tersebut.

Untuk mendorong pelaksanaan program TPBIS pihak terus berupaya melakukan koordinasi dengan tim sinergi kabupaten/kota serta konsolidasi dan penguatan di tingkat desa/kelurahan dengan melakukan advokasi dan pendekatan secara langsung, katanya.

Sementara untuk dua daerah yang belum menjalankan program TPBIS yakni Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam, pihaknya mengupayakan pengembangan program tersebut.

"Kami mengupayakan pengembangan program transformasi perpustakaan ke daerah yang belum menjalankan program TPBIS," ujarnya.

Melalui upaya tersebut diharapkan program TPBIS di provinsi dengan 17 kabupaten/kota itu bisa berjalan baik sesuai harapan bersama.

Sedangkan bantuan pojok baca Gubernur Sumsel Herman Deru guna meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat, hingga kini sudah tersebar merata di seluruh wilayah
kabupaten/kota dalam provinsi setempat, kata Kadispustaka Fitriana.*