98 pepanjat tebing Sumatera bertanding di Wali Kota Lubuklinggau Cup

id panjat tebing, sumsel, lubuklinggau, fpti

98 pepanjat tebing Sumatera bertanding di Wali Kota Lubuklinggau Cup

Ilustrasi - Atlet panjat tebing putri tengah beraksi meniti dinding panjatan. (ANTARA)

Lubuklinggau, Sumsel (ANTARA) - Sebanyak 98 atlet panjat tebing dari sejumlah provinsi di Sumatera ikut ambil bagian dan bersaing pada Kejuaraan Sport Climbing Wali Kota Lubuklinggau Cup 2023 di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, 28-30 April 2023.

Kejuaraan yang digelar di Sport Center Kota Lubuklinggau itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Lubuklinggau H Trisko Defriansya, Jumat (28/4).

Para atlet panjat tebing yang berlaga pada ajang itu antara lain dari Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Berat, Lampung, Jambi, Bengkulu dan tuan rumah Sumatera Selatan.

"Kejuaraan ini diharapkan menjadi ajang untuk berkompetisi dan menguji kemampuan hasil latihan, melahirkan bibit atlet unggul yang profesional. Selain itu lahirnya atlet yang bisa memberikan kebanggaan bagi daerah," kata Trisko Defriansya.

Sekda Kota Lubuklinggau itu menyebutkan, kejuaraan itu juga merupakan bagian dari upaya merealisasikan program unggulan daerah itu "Ayo Ngelong ke Lubuklinggau".

"Tentunya dengan menghadirkan dan mengajak banyak orang untuk mengunjungi Kota Lubuklinggau," katanya sembari menyampaikan ucapan selamat datang kepada para atlet yang berpartisipasi pada kegiatan itu.

Sementara itu Ketua Cabang Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Lubuklinggau Adio Seftiawan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah itu yang telah memberikan dukungan pada kejuaraan itu.

"Ajang ini sangat dinantikan oleh para atlet dan menjadi motivasi para atlet, selain itu fasilitas yang kita miliki bisa digunakan dengan baik," kata Adio.

Pada kesempatan itu Sekda Kota Lubuklinggau menyebutkan kejuaraan panjat tebing itu juga merupakan momentum untuk membangkitkan kegiatan di fasilitas panjat tebing yang ada di Kota Lubuklinggau itu dan bisa memacu cabang olahraga lainnya untuk menggelar ajang kompetisi dan kejuaraan.