Warga serbu pasar murah Pemkab OKU Sumsel

id Pasar murah, kebutuhan pokok, Ramadhan 1444 Hijriyah, Pemkab OKU, Disperindag,ramadhan,ramadhan 2023,tradisi ramadhan,bu

Warga serbu pasar murah Pemkab OKU Sumsel

Pemkab OKU menggelar pasar murah Ramadhan 1444 Hijriyah di Taman Kota Baturaja, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - Warga Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, menyerbu pasar murah yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat di Taman Kota Baturaja untuk mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Menurut Yati, salah seorang ibu rumah tangga warga Baturaja di OKU, Selasa, mengaku terbantu dengan adanya pasar murah karena dapat membeli bahan pokok seperti beras dengan harga terjangkau.

"Khususnya masyarakat kalangan menengah ke bawah sangat terbantu di tengah lonjakan harga sembako di pasaran menjelang Lebaran seperti sekarang ini," katanya.

Di pasar murah ini tersedia paket sembako seperti 5 kilogram beras kualitas medium dan satu liter minyak goreng kemasan yang dijual seharga Rp60.000/paket.

"Ada juga daging sapi beku yang hanya dijual Rp80.000/kilogram," kata dia.

Ia berharap operasi pasar murah tersebut dapat digelar secara berkelanjutan agar masyarakat dapat terbantu di tengah lonjakan harga kebutuhan pokok di pasaran menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Sementara Kepala Disperindag Kabupaten OKU Lukmanul Hakim menambahkan pasar murah Ramadhan 1444 H ini dilaksanakan berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri dalam upaya mengendalikan inflasi setelah pandemi COVID-19 melanda daerah itu.

”Hal ini bertujuan membantu meringankan beban masyarakat dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari di tengah lonjakan harga kebutuhan pokok di pasaran khususnya pada momen bulan suci Ramadhan," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya melibatkan sejumlah badan usaha dan Perum Bulog yang ikut partisipasi dalam menyukseskan pasar murah Ramadhan 1444 H.

Dalam pasar murah tersebut, lanjut dia, Perum Bulog menyediakan sebanyak 200 paket sembako dan 300 kilogram daging beku yang dijual untuk masyarakat umum dengan harga terjangkau.

Selain itu, badan usaha seperti Sumatra Megamart juga menyediakan 500 paket sembako, UB Mart 500 paket sembako, dan Hypermart sebanyak 2 ton daging sapi beku.

"Pelaksanaan pasar murah digelar hanya hari ini mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai. Untuk ke depan pasar murah Ramadhan 1444 H akan dilaksanakan kembali di Taman Kota Baturaja pada 13 April 2023 atau menjelang lebaran," ujarnya.