OKU Timur targetkan sejuta ton panen padi Nusantara pada 2023

id Panen raya, panen padi Nusantara, sejuta ton GKP, peralatan pertanian, Pemkab OKU Timur

OKU Timur targetkan sejuta ton panen padi Nusantara pada 2023

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah menghadiri panen raya di Desa Raman Agung, Kecamatan Buay Madang Timur, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, menargetkan panen padi Nusantara di daerah itu mencapai sejuta ton Gabah Kering Panen (GKP) pada 2023 dari total luas lahan seluas 137 ribu hektare (Ha).

"Kami optimistis dapat mencapai target mengingat Kabupaten OKU Timur merupakan salah satu daerah lumbung pangan terbesar di Sumsel," kata Kepala Dinas Pertanian OKU Timur, Junadi saat panen raya tanaman padi di Desa Raman Agung, Kecamatan Buay Madang Timur, Minggu.

Junadi mengatakan, sejak awal tahun 2023 petani di beberapa kecamatan di OKU Timur sudah melaksanakan panen raya padi dengan hasil yang sangat memuaskan.

Dia merincikan, pada Januari 2023 petani di beberapa desa di OKU Timur telah melaksanakan panen raya seluas 2.512 Ha dengan hasil produksi mencapai 19.718 ton GKP, sedangkan pada periode Februari hasil panen tembus 51.049 ton GKP dari luas lahan 6.686 Ha.

"Untuk hasil panen pada periode Maret 2023 diprediksi mencapai 135.839 ton GKP dari total luas lahan yang siap dipanen seluas 17.791 Ha," ujarnya.

Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah mengatakan bahwa kegiatan panen padi Nusantara ini dilaksanakan secara serentak di 66 titik lahan pertanian di kabupaten/kota di Indonesia, termasuk OKU Timur.

Di OKU Timur sendiri, kata dia, panen padi hari ini digelar di Desa Raman Agung, Buay Madang Timur dengan luas lahan 25 Ha yang dipanen serentak oleh petani di desa itu.

"Alhamdulillah hingga panen raya yang dilaksanakan ketiga kalinya di OKU Timur tahun ini tidak ada kendala meskipun terkadang petani harus berhadapan dengan cuaca ekstrim," katanya.

Meskipun demikian, ia berharap adanya bantuan peralatan pertanian yang memadai seperti alat traktor dari Kementerian Pertanian agar panen padi dapat dilakukan dengan cepat dan maksimal sehingga target sejuta ton GKP dapat dicapai tahun ini.

Sementara, Kepala Balai Besar Pengujian Standarisasi Instrumen Sumber Daya Lahan Pertanian Sumsel, Husnanin memberikan apresiasi kepada jajaran Pemkab OKU Timur khususnya para petani yang telah turut menyukseskan gerakan panen padi Nusantara dengan target sejuta ton GKP yang ditargetkan pemerintah pada tahun ini.

Menurut dia, OKU Timur merupakan salah satu dari 66 kabupaten/kota di Indonesia yang melaksanakan panen raya bersama Presiden RI Joko Widodo yang digelar di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

"Untuk usulan bantuan peralatan pertanian akan segera kami sampaikan kepada Kementerian Pertanian RI," ujarnya.