Ada gunung bawah laut di selatan Pacitan, potensi bencananya masih diteliti

id bpbd jawa timur, gunung bawah laut selatan pacitan

Ada gunung bawah laut di selatan Pacitan, potensi bencananya masih diteliti

Arsip foto - Penampakan gunung bawah laut di perairan selatan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.  (ANTARA/HO-BIG)

Jakarta (ANTARA) - Gunung di bawah laut bukan barang baru di Indonesia yang merupakan lintasan 'ring of fire", namun penemuan baru gunung sejenis itu harus dikaji potensi bencananya sebagai bagian dati mitigasi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur masih menunggu kajian dari Badan Informasi Geospasial serta Badan Riset dan Inovasi Nasional mengenai potensi ancaman keberadaan gunung bawah laut yang ditemukan di perairan selatan Kabupaten Pacitan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur Gatot Soebroto dalam acara Teropong Bencana yang diikuti di Jakarta, Rabu, mengatakan pihaknya masih menunggu kajian potensi gunung bawah laut tersebut.

"Apakah itu bisa menimbulkan ledakan atau nantinya bisa muncul lebih tinggi lagi hingga ke permukaan laut. Ini masih dalam proses penelitian," ujarnya.



Gatot mengatakan gunung bawah laut tersebut terbentuk dari fenomena alam dan saat ini sejumlah pihak mulai dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hingga Pemerintah Kabupaten Pacitan sedang mendalami potensinya.


Sebelumnya, ditemukan gunung bawah laut yang ada di kedalaman 3-4 kilometer di bawah permukaan laut sekitar 200 kilometer barat daya Kabupaten Pacitan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPBD Jatim tunggu kajian potensi gunung bawah laut di selatan Pacitan