Pertarungan sengit menuju empat besar Proliga 2023

id Proliga 2023,bola voli,gresik petrokimia,surabaya samator

Pertarungan sengit menuju empat besar Proliga 2023

Pebola voli putra Jakarta Bhayangkara Presisi berusaha mengembalikan bola kearah tim voli Jakarta Pertamina Pertamax Aleksandar Minic (tengah) dan Fadilla Rahmatullah Muharram (kanan) pada pertandingan putaran pertama minggu ketiga PLN Mobile Proliga 2023 di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (22/1/2023). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.

Gresik, Jawa Timur (ANTARA) - Kompetisi bola voli PLN Mobile Proliga 2023 putaran kedua bakal menyajikan laga-laga sengit pada tim putra dan putri untuk memperebutkan tiket empat besar.
 

Wakil Direktur Proliga Reginald Nelwan kepada wartawan di Gresik, Jawa Timur, Rabu, mengatakan bahwa delapan tim di kelompok putra dan enam tim di bagian putri memiliki kesempatan sama untuk lolos ke babak empat besar.

“Persaingan masih sengit. Putaran kedua ini menjadi kesempatan bagi semua tim untuk memastikan tiket empat besar,” katanya usai jumpa pers jelang seri pertama putaran kedua Proliga 2023 di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, 2-5 Februari mendatang.

Dari jadwal yang dirilis panitia proliga, setelah menuntaskan seri pertama putaran kedua di Gresik, persaingan akan berlanjut pada seri kedua di GOR Ken Arok Malang pada 9-12 Februari dan seri ketiga atau terakhir di GOR UNY Yogyakarta pada 16-19 Februari.



Hingga menuntaskan putaran pertama, di kelompok putri ada Jakarta Pertamina Fastron yang memimpin klasemen dengan poin 13, disusul juara bertahan Bandung Bank BJB Tandamata (12), Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia (7), Jakarta BIN (7), Jakarta Popsivo Polwan (4), dan Jakarta Elektrik PLN (2).

Sementara di bagian putra, Jakarta Bhayangkara Presisi memuncaki klasemen dengan poin 17, diikuti juara bertahan Jakarta Lavani Allo Bank (17), Jakarta STIN BIN (16), Surabaya BIN Samator (10), Jakarta BNI 46 (10), Palembang Bank Sumselbabel (6), Jakarta Pertamina Pertamax (5), dan Kudus Sukun Badak (3).

"Ada beberapa tim yang melakukan perombakan pemain menjelang putaran kedua, terutama mengganti pemain asing. Seperti Jakarta Elektrik PLN, Jakarta BIN, Jakarta Pertamina Pertamax, dan Sukun Badak. Ini tentu membuat peta persaingan makin sengit,” ujar Regi.

Ia menyebut putaran pertama yang berlangsung di Bandung, Purwokerto dan Palembang telah berlangsung sukses, termasuk dari sisi jumlah penonton, kendati ada sejumlah protes dari tim mengenai kepemimpinan wasit.

Regi menambahkan penyelenggara Proliga baru akan menggunakan teknologi video assistant referee (VAR) mulai babak empat besar untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan yang lebih tepat dan meminimalkan protes dari pemain atau pelatih.

“Untuk putaran kedua ini mudah-mudahan kepemimpinan wasit bisa lebih baik. Memang laju bola sangat cepat dan sangat mungkin wasit atau hakim garis salah mengambil keputusan. Nanti mulai final four akan dibantu pakai VAR,” ujarnya.



Dikonfirmasi terpisah, Pelatih Gresik Petrokimia Ayub Hidayat mengatakan timnya tidak melakukan perombakan komposisi pemain, tetap memakai Bohdana Anisova (Ukraina) dan Julieta Lazcano (Argentina) untuk menyerang pertahanan lawan.

“Kami cukup puas dengan penampilan kedua pemain itu, meskipun selama putaran pertama belum terlalu maksimal. Mudah-mudahan dengan latihan intensif selama jeda kompetisi, permainan mereka dengan pemain lokal makin padu,” katanya.

Mengenai peluang lolos empat besar, Ayub Hidayat mengatakan sangat optimistis. “Tapi, anak-anak harus fokus dan jangan lengah pada setiap pertandingan,” imbuhnya.

Sedangkan Asisten Pelatih Jakarta Pertamina Fastron, Labib, mengatakan timnya juga tidak melakukan perombakan pemain setelah melihat performa apik tim dengan menjuarai putaran pertama.

“Komposisi tetap, tinggal dimantapkan lagi untuk menghadapi putaran kedua,” kata Labib yang sukses membawa Surabaya Bank Jatim menjuarai Livoli Divisi Utama 2022.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Proliga putaran kedua sajikan laga sengit menuju empat besar