Gubernur Sumsel dukung kehadiran PTTUN Palembang

id gubernur sumsel,pptun ,hukum,pemprov sumsel

Gubernur Sumsel dukung kehadiran PTTUN Palembang

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat menerima audiensi Ketua PTTUN Palembang Ahmad Syaifullah dan pejabat di jajarannya, di Palembang, Jumat. (ANTARA/ HO-Pemprov Sumsel)

PTTUN Palembang tentu diharapkan dapat memberikan literasi yang banyak, karena banyak masyarakat haknya dilanggar tapi tidak tau malapor kemana
Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan pihaknya mendukung penuh kehadiran Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) di Palembang pada tahun 2023 ini.

"Saya mendukung penuh pembentukan PTTUN ini, tentunya Pemprov Sumsel siap meminjamkan gedung sementara untuk digunakan, bila perlu sumber daya manusia (SDM) kami perbantukan jika dibutuhkan," kata Gubernur Herman Deru saat menerima audiensi Ketua PTTUN Palembang Ahmad Syaifullah dan pejabat di jajarannya, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, meski gedung yang dipinjamkan nanti tidak memenuhi standar yang dimiliki oleh PTTUN Palembang, Tapi itu merupakan sebuah penghargaan Pemprov Sumsel hingga nantinya dianggarkan oleh kejaksaan untuk pembangunan gedung baru.

Herman Deru juga menawarkan bantuan kepada PTTUN terkait dengan kebutuhan operasional agar kegiatan dapat berjalan sesuai fungsinya.

"Kami juga berharap apa yang dibutuhkan dalam pelayanan operasional, apa yang belum dimiliki dapat disampaikan sehingga kami bisa membantu", katanya.

Gubernur juga menyampaikan bahwa dalam konteks pelayanan hukum terkait tata usaha negara diharapkan mampu memberikan literasi yang banyak sebab masyarakat membutuhkan itu.

"PTTUN Palembang tentu diharapkan dapat memberikan literasi yang banyak, karena banyak masyarakat yang haknya dilanggar tapi tidak tau mau meapor kemana", ungkap dia.

Dengan adanya pengadilan tingkat banding ini, bisa lebih bergerak cepat untuk memberikan pelayanan kepada hamba hukum yang ada di Sumsel", tambahnya.

Ketua PTTUN Palembang Ahmad Syaifullah mengatakan audiensi dengan Gubernur Sumsel Herman Deru selain bersilahturahmi dan memperkenalkan diri, juga juga sekaligus melaporkan bahwa PTTUN Palembang telah diresmikan pada tanggal 5 Desember 2022.

PTTUN Palembang membawahi lima PTTUN Tingkat Pertama yaitu Palembang, Bengkulu,  Jambi, Bandar Lampung dan  Bangka Belitung.

Turut hadir Wakil Ketua PTTUN Palembang DR. H. Bambang Heriyanto, Hakim Tinggi PTTUN Palembang Hujja Tulhaq, dan para Kepala Organiasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sumsel.

 

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2023