Klopp sudah bidik Gakpo sejak 2-3 bulan lalu

id Juergen Klopp,Manajer Liverpool,Cody Gakpo

Klopp sudah bidik Gakpo sejak 2-3 bulan lalu

Reaksi pelatih Liverpool Juergen Klopp​​​​​​. ANTARA FOTO/REUTERS/Craig Brough/aww.

Jakarta (ANTARA) - Manajer Liverpool Juergen Klopp mengungkapkan timnya sudah berencana merekrut Cody Gakpo sejak 2-3 bulan lalu.

Hal itu disampaikan Klopp ketika ditanya apakah perekrutan Gakpo berhubungan dengan cedera yang memaksa Luis Diaz dan Diogo Jota menepi dari Liverpool hingga Maret mendatang.

"Sama sekali tidak (berhubungan)," kata Klopp kepada awak media dalam jumpa pers menjelang pertandingan melawan Leicester City dalam situs Liverpool pada Kamis malam.

"Kami telah memutuskan perekrutan ini beberapa bulan lalu, dua atau tiga bulan, tentunya waktu itu belum ada lampu hijau dari segi finansial," kata dia.

Kendati demikian Klopp tak menampik kenyataan cedera Diaz dan Jota turut berperan mendorong keputusan Liverpool mendatangkan Gakpo dalam bursa transfer musim dingin ini.

Liverpool harus membayar 37 juta pound (Rp697 miliar) kepada PSV Eindhoven untuk menebus Gakpo disertai klausul tambahan kira-kira 13 juta pound (Rp245 miliar).

Kemampuan Gakpo bermain dalam semua pos lini depan menjadi pujian Klopp yang menyebut hal itu menjadi nilai tambah bagi sang talenta berusia 23 tahun.

"Dia tentu paling banyak main di posisi sayap kiri, tapi dia bisa main di banyak posisis. Untuk Belanda dia bermain dalam posisi berbeda, begitu juga di Eindhoven, tentu itu bagus," kata Klopp.

"Jika Anda memakai skema 4-2-3-1, dia bisa main dalam empat posisi depan. Jika 4-3-3, dia bisa bermain menjadi sayap. Jika 4-4-2, dia bisa main di sayap atau penyerang. Jadi banyak sekali peran yang bisa dia mainkan, dan dia masih begitu muda," tambahnya.

Gakpo tiba di Liverpool dengan reputasi pemain tajam lewat statusnya sebagai pemimpin daftar top skor dan assist Liga Belanda, masing-masing dengan sembilan gol dan 12 assist.

Jebolan akademi PSV itu juga membukukan performa apik bersama Belanda dalam Piala Dunia 2022 Qatar dengan membukukan tiga gol dari tiga laga fase grup, membuatnya menjadi pemain pertama yang melakukan hal semacam itu bagi Tim Oranye.

Klopp mengaku ada kemungkinan Gakpo bisa dimainkan untuk laga melawan Brentford pada 2 Januari 2023, tetapi prosedur pendaftaran pemain membuatnya ragu.

Menurut Klopp, Gakpo lebih memungkinkan melakoni debutnya saat Liverpool menghadapi Wolverhampton dalam Piala FA pada 7 Januari.