Wagub Sumsel minta rumah sakit tingkatkan layanan kesehatan

id Wagub Sumsel, faskes, rs, pengelola rumah sakit, tingkatkan pelayanan kesehatan, yankes, rsud bari, pemkot, ratu dewa, p

Wagub Sumsel minta rumah sakit tingkatkan layanan kesehatan

Fasilitas pelayanan kesehatan. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya meminta pengelola fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesmas dan rumah sakit untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Peningkatan pelayanan kesehatan sebagai cerminan dari kemajuan pembangunan terutama bidang kesehatan di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu, kata Wagub Mawardi di Palembang, Kamis.

Menurut dia, peningkatan pelayanan kesehatan mulai dilakukan dengan meningkatkan kemampuan tenaga medis, peralatan medis, dan tenaga pendukung/nonmedis.

Selain itu, perlu juga ditingkatkan kemampuan berkomunikasi terutama yang bertugas di bagian pendaftaran atau di unit yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, petugas di bagian pendaftaran atau di unit yang berhubungan langsung dengan masyarakat, bisa memberikan pemahaman terhadap prosedur pelayanan kesehatan yang ada di faskes atau rumah sakit.

"Terkadang ada masyarakat atau pasien yang datang dari desa dan kurang memahami prosedur pelayanan kesehatan di rumah sakit, mereka perlu dibantu oleh petugas dengan memberikan penjelasan menggunakan bahasa yang bisa mereka pahami," ujar Mawardi.

Sementara sebelumnya Sekda Palembang, Ratu Dewa menjelaskan bahwa pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas puskesmas dan RSUD milik pemkot untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada warga kota setempat.

"Untuk meningkatkan kualitas puskesmas dan RSUD, program peningkatan kompetensi sumberdaya manusia (SDM) dan fasilitas puskesmas di Bumi Sriwijaya ini terus digalakkan," ujarnya.

Dia mengharapkan dengan SDM yang berkompeten dan fasilitas memadai, petugas pelayanan kesehatan di kota ini mampu memberikan pelayanan terbaik kepada warga yang tersebar di 107 kelurahan dalam wilayah 18 kecamatan itu.

"Untuk meningkatkan kualitas SDM puskesmas dan RSUD, kami secara berkala memberikan kesempatan kepada tenaga medis dan nonmedis mengikuti pelatihan, bimbingan teknis, dan seminar terkait kesehatan masyarakat dan perbaikan pelayanan masyarakat," ujar Sekda.*