Kabupaten OKU Timur canangkan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

id stbm oku timur,sanitasi berbasis masyarakat,kesehatan lingkungan

Kabupaten OKU Timur canangkan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Pemerintah Kabupaten OKU Timur mencanangkan pelaksanaan Program STBM pada Kamis (22/12/2022). (ANTARA/Edo Purmana/22)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur di Provinsi Sumatera Selatan mencanangkan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau STBM dalam upaya mewujudkan kabupaten sehat pada 2023.

Wakil Bupati OKU Timur Adi Nugraha Purna Yudha di Martapura, Kamis, menjelaskan bahwa STBM merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan No.3 Tahun 2014, strategi penyelenggaraan STBM meliputi penciptaan lingkungan yang kondusif, peningkatan kebutuhan sanitasi, dan peningkatan penyediaan akses sanitasi.

STBM dilakukan supaya setiap individu dan komunitas punya akses terhadap sarana sanitasi dasar, setiap rumah tangga menerapkan pengelolaan air minum dan makanan secara aman, setiap rumah tangga dan sarana pelayanan umum dalam suatu komunitas punya fasilitas cuci tangan, dan setiap rumah tangga mengelola limbah dan sampah dengan benar.

Melalui pelaksanaan program tersebut, penularan diare dan penyakit berbasis lingkungan yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku manusia ditargetkan bisa menurun.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan OKU Timur Elwana menjelaskan bahwa STBM memiliki lima pilar, yakni stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan secara sehat, penanganan limbah secara benar, dan pengelolaan sampah secara benar.

"Untuk menuju kabupaten sehat, pola pikir masyarakat yang harus kita ubah dengan memberikan edukasi yang berkesinambungan tentang lima pilar itu sehingga program tersebut dapat terwujud pada 2023," katanya.