PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU optimalisasi distribusi air bersih pelanggan

id Pengurasan lumpur, bak penampungan air, air bersih pelanggan, PDAM Tirta Raja, Kabupaten OKU

PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU optimalisasi distribusi air bersih pelanggan

Petugas PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU berjibaku membersihkan endapan lumpur di bak penampungan air IPA Bakung, Senin. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - PDAM Tirta Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan melakukan optimalisasi distribusi air bersih pelanggan dengan melakukan pengurasan bak penampungan air dari endapan lumpur yang mengendap.

Direktur PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU, Abi Kusno melalui Kasubsi Humas, Elfanco di Baturaja, Senin menyampaikan, pengurasan bak penampungan air untuk menjaga kualitas air supaya tetap jernih ini dilakukan di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Unit Bakung, Kecamatan Baturaja Timur.

"Pengurasan ini dilakukan agar kualitas air bersih jernih dan volume hasil olahan air pun menjadi stabil serta tidak banyak yang terbuang," ujar dia.

Dalam optimalisasi ini, pihaknya membersihkan endapan lumpur di bak penampungan air dengan ketebalan lebih dari satu meter agar distribusi ke sejumlah pelanggan di sejumlah wilayah kecamatan Baturaja Timur tidak terganggu.

Saat ini, lumpur sisa olahan air baku dari sungai yang mengendap berdampak pada kualitas air bersih yang diterima pelanggan kurang jernih atau keruh.

"Ketebalan lumpur yang kami bersihkan di IPA Bakung sudah lebih dari dua meter sehingga harus dibersihkan," kata dia.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya menerjunkan belasan petugas yang berjibaku melakukan pengurasan untuk menjaga kualitas air baku yang diproduksi di IPA Bakung agar semakin jernih.

"Proses pengerjaan dimulai hari ini selama dua hari kedepan," ujarnya.

Selama proses pengurasan, suplai air bersih di sejumlah wilayah terganggu mulai dari pelanggan di kawasan Kelurahan Sukajadi, Desa Terusan, Tanjung Kemala Jalan Gotong Royong dan Lintas Sumatera, Air Paoh, Imam Bonjol, Bakung hingga Kelurahan Sukaraya dan sekitarnya.

"Selama proses pengurasan pelanggan kami imbau untuk menghemat penggunaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari," ujarnya.