Pertamina asah kesiapan pekerja hadapi keadaan darurat di IT Panjang Lampung

id pertamina,kesiapan pekerja ,pekerja hadapi keadaan darurat,pelabuhan panjang lampung,simulasi darurat pelabuhan panjang

Pertamina asah kesiapan pekerja hadapi keadaan darurat di IT Panjang Lampung

Pertamina asah kesiapan pekerja hadapi keadaan darurat di wilayah operasi (ANTARA/HO)

Tentu kami tidak pernah menginginkan keadaan darurat yang sebenarnya terjadi. Namun perlu disadari bahwa karakter industri migas sangatlah high risk
Bandarlampung (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading melalui Regional Sumatera Bagian Selatan menggelar latihan simulasi penanggulangan keadaan darurat di Intergrated Terminal (IT) Panjang, Lampung, Kamis.

"Kegiatan itu untuk melatih kesiapan personel dalam menghadapi berbagai situasi di lapangan," kata Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, yang langsung memimpin jalannya simulasi hari ini melalui pusat komando.

Menurutnya, sebagai perusahaan energi yang beroperasi di objek vital nasional (Obvitnas), integrated terminal atau terminal bahan bakar berperan dalam aktivitas penerimaan, penyimpanan, dan pendistribusian BBM maupun LPG agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Ia menyebutkan dalam simulasi itu, skenario simulasi diawali dengan adanya kasus kesalahan operasi yang berdampak pada terjadinya tumpahan minyak (oil spill) di perairan dermaga Pertamina dan pelabuhan umum.

Tak berselang lama, api pun muncul dan mulai membesar di area dermaga dan perairan, yang memicu diaktifkannya status keadaan darurat.

"Tentu kami tidak pernah menginginkan keadaan darurat yang sebenarnya terjadi. Namun perlu disadari bahwa karakter industri migas sangatlah high risk, sehingga simulasi ini menjadi kesempatan untuk mengasah dan mengevaluasi kembali kemampuan personel kami. Mulai dari level direksi, tim di level korporat hingga pekerja di lapangan, agar terlatih dan siaga jika suatu saat harus menghadapi keadaan darurat,” jelas Alfian Nasution.

Dalam simulasi tersebut, Pertamina turut melibatkatkan pemangku kepentingan dan lembaga di sekitar wilayah operasi IT Panjang, yang seringkali terlibat sebagai garis terdepan dalam penanggulangan keadaan darurat seperti Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP), Polairud, Basarnas, RS Imanuel, PT ISAB, PT Pelindo, PT Bukit Prima, Polsek Panjang dan pihak berwenang lainnya.

"Terima kasih untuk seluruh pekerja Pertamina Patra Niaga dan seluruh pihak yang terlibat. Semoga kita dapat terus berupaya mewujudkan komitmen zero fatality di Pertamina," tutup Alfian.