Sumsel revitalisasi kompleks pemakaman leluhur di Bukit Siguntang

id Bukit Siguntang,Palembang,7 raja di bukit siguntang

Sumsel revitalisasi kompleks pemakaman leluhur di Bukit Siguntang

Seorang peraga busana berswafoto di depan areal petilasan Putri Rambut Selako, Kompleks Pemakaman Bukit Siguntang, Palembang, Sumatera Selatan. (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan siap merevitalisasi komplek pemakaman leluhur yang diyakini keturunan bangsawan era Melayu-Sriwijaya di Bukit Siguntang, Ilir Barat I, Kota Palembang.

Kepala Dinas Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal di Palembang, Sabtu, mengatakan dalam perencanaannya proses revitalisasi tersebut akan dimulai pada tahun 2023.

Revitalisasi itu dilakukan pada tujuh makam para leluhur Palembang, yakni, Putri Kembang Dadar, Panglima Tuan Junjungan, Panglima Bagus Kuning, dan Panglima Karang.

Bahkan, beberapa petilasan Raja Sigentar Alam, Pangeran Raja Batu Api, dan Putri Rambut Selako juga masuk dalam perencanaan ini.

Menurut Aufa, kompleks pemakaman Bukit Siguntang sudah layak untuk dilakukan revitalisasi sebagai upaya pelestarian dan memberi kenyamanan terhadap pengunjung.

Pemerintah Provinsi Sumsel secara resmi membuka kawasan tersebut sebagai destinasi wisata ziarah sejak tahun 1991.

Sejak dijadikan kawasan wisata secara aktif setiap tahun, kawasan tersebut terus didatangi para peziarah atau wisatawan domestik dan mancanegara seperti negara-negara di ASEAN.

Revitalisasi ini, kata dia, terlebih untuk menjaga marwah para leluhur, yang banyak ditemukan dalam literasi sejarah merupakan tokoh keturunan raja, bangsawan Melayu-Sriwijaya.