BUMDes OKU didorong kembangkan wisata air di Ulu Ogan

id Desa wisata, wisata alam, arung jeram, Kecamatan Ulu Ogan, Pemkab OKU

BUMDes OKU didorong kembangkan wisata air di Ulu Ogan

Pejabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di Sumatera Selatan, mendorong badan usaha milik desa (BUMDes) di Kecamatan Ulu Ogan untuk mengembangkan potensi wisata air guna memacu pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat di daerah itu.

"Fungsi BUMDes selain memberdayakan masyarakat juga mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah masing-masing," kata Pejabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah di Baturaja, Sabtu.

Menurut Bupati, Kecamatan Ulu Ogan memiliki potensi alam yang sangat menarik untuk dikelola menjadi objek wisata air karena terdapat aliran Sungai Ogan yang dapat memicu adrenalin.

Salah satunya di Desa Mendingin yang sudah memiliki objek wisata arung jeram dan jembatan gantung yang menarik untuk tempat berfoto bagi para pengunjung.

Pengembangan potensi wisata melalui BUMDes ini dapat ditiru oleh desa-desa lain guna meningkatkan pendapatan desa serta menciptakan sebuah lini bisnis yang kuat dan berkesinambungan.

Oleh sebab itu, pemerintah daerah mendorong desa-desa lainnya di Kecamatan Ulu Ogan khususnya yang memiliki potensi wisata untuk dikembangkan melalui BUMDes yang menggunakan alokasi dana desa (ADD).

"Ada tujuh desa lainnya di Kecamatan Ulu Ogan selain Mendingin yang memiliki potensi seperti Desa Belambangan yang sangat berpotensi menjadi desa wisata yang diharapkan mampu mempercepat kebangkitan sektor pariwisata pascapandemi," ujarnya.

Sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata akan turut membantu pengembangan wisata alam di Kecamatan Ulu Ogan secara bertahap disesuaikan dengan alokasi anggaran daerah.

"Diharapkan dengan dibukanya desa wisata ini dapat membuka lapangan kerja baru dan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19," ujar Bupati.