Palembang optimalkan penurunan angka kemiskinan

id Dinsos Palembang, optimalkan penurunan angka kemiskinan, kemiskinan, angka kemiskinan, miskin, pemkot,Dinsos Palembang o

Palembang optimalkan penurunan angka kemiskinan

Pengamen beraksi di lampu merah dalam Kota Palembang (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya mengoptimalkan berbagai kegiatan untuk menekan angka kemiskinan hingga
satu digit.

"Angka kemiskinan sekarang ini masih berada di posisi dua digit sekitar 10 persen, kondisi ini menjadi tantangan untuk terus diturunkan hingga satu digit," kata Kepala Dinas Sosial Kota Palembang M Ichsanul Akmal, di Palembang, Jumat.

Untuk menurunkan angka kemiskinan, pihaknya berupaya melanjutkan sejumlah program yang dapat meningkatkan kesejahteraan warga kota yang tersebar di 107 kelurahan dalam wilayah 18 kecamatan itu.

Program yang dapat meningkatkan kesejahteraan seperti pelatihan keterampilan dan ekonomi kreatif diupayakan lebih gencar lagi.

Dengan bekal keterampilan dan kemampuan membuat usaha ekonomi kreatif diharapkan dapat memberdayakan warga dari keluarga miskin, ujarnya.

Sementara Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda menambahkan pihaknya berupaya melibatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menurunkan angka kemiskinan.

"Angka kemiskinan di Bumi Sriwijaya ini masih cukup tinggi, untuk menekannya tidak mungkin hanya mengandalkan Dinas Sosial saja tanpa melibatkan OPD lainnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir pihaknya telah menjalankan sejumlah program untuk menanggulangi masalah kemiskinan di kota pempek ini.

Untuk mendukung program penanggulangan kemiskinan yang telah berjalan dengan baik selama ini lebih efektif dan mengikat, akan diperkuat dengan Peraturan Wali Kota (Perwali), ujar Wawako Fitrianti.