PDGI OKU gelar kegiatan sikat gigi massal

id Sikat gigi masal, PDGI OKU, pelajar SD, gosok gigi, Setda OKU

PDGI OKU gelar kegiatan sikat gigi massal

Ribuan pelajar SD di OKU Sumsel mengikuti kegiatan sikat gigi maasal di Taman Kota Baturaja, Senin (12/9/2022). (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Pengurus Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar kegiatan sikat gigi masal melibatkan ribuan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) di Taman Kota Baturaja, Senin.

Ketua PDGI OKU Arini Maryam di Baturaja, Senin, mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) tahun 2022 yang dilaksanakan secara serentak di 13 provinsi di Indonesia.

Untuk OKU Raya, kata dia, kegiatan tersebut diikuti sebanyak 3.000 pelajar SD dari tiga kabupaten meliputi OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan.

"Total peserta OKU Raya sebanyak 3.000 orang. Jumlah tersebut memecahkan rekor MURI yang awalnya ditargetkan se-Indonesia sebanyak 500 ribu orang malah over (kelebihan) target 700 ribu peserta," ujarnya.

Kegiatan penyuluhan dan sikat gigit masal ini guna melatih anak-anak untuk membersihkan gigi dan tetap menjaga dan merawat gigi serta mulut sejak dini.

"Tingkat kesadaran masyarakat OKU dalam menjaga dan merawat gigi dan mulut sudah cukup tinggi karena banyak yang datang ke dokter gigi tidak hanya pada saat sakit saja tapi juga untuk merawat giginya," ujar dia.

Asisten III Setda OKU Romson Fitri mengatakan edukasi terhadap kesehatan gigi dan mulut merupakan tugas dan tanggung jawab semua pihak.

Untuk itu, Pemkab OKU menginstruksikan kepada seluruh guru dan puskesmas di daerah itu untuk mengingatkan masyarakat agar memperhatikan pola konsumsi anak-anak sejak dini.

"Konsumsi makanan dengan cara yang sehat dapat memelihara organ gigi dan mulut agar selalu sehat dengan cara rutin menggosok gigi," kata dia.

Romson berharap, kegiatan sikat gigi masal ini menjadi awal untuk lebih sungguh-sungguh memelihara kesehatan gigi pada anak agar memiliki senyum yang gemilang.