Dinkes OKU usulkan puskesmas naik status menjadi BLUD

id Peningkatan status puskesmas, puskesmas di OKU, peningkatan pelayanan, pemerintah pusat, Dinkes OKU

Dinkes OKU usulkan puskesmas naik status menjadi BLUD

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan OKU, Rojali. (FOTO ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan pada tahun ini mengusulkan sebanyak 18 puskesmas yang ada di daerah itu naik status menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

"Saat ini status 18 puskesmas yang ada di OKU sudah terakreditasi semua sehingga bisa ditingkatkan kembali statusnya menjadi BLUD, sama seperti RSUD Ibnu Sutuwo Baturaja," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinkes OKU, Rojali di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, jika sudah berstatus BLUD, maka banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan bagi Kabupaten OKU.

Salah satunya pengelolaan keuangan di setiap puskesmas bisa dilakukan mandiri tanpa ada campur tangan pemerintah daerah lagi.

Misalnya saja lahan parkir yang bisa dikelola retribusinya oleh puskesmas masing-masing sehingga dapat menambah pemasukan untuk kesejahteraan pegawai.

"Jika sudah berjalan, maka salah satu efek positifnya kesejahteraan pegawai puskesmas akan meningkat dan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal lagi," katanya.

Selain itu, tambahnya, tahun 2023  pihaknya juga mengusulkan ke pemerintah pusat agar setiap puskesmas di OKU memiliki dokter spesialis anak dan kulit.

"Saat ini seluruh puskesmas di OKU sudah ada dokternya. Namun dokter umum. Sementara dokter spesialis belum ada. Oleh karena itu kami akan usulkan ke pusat agar tahun depan ada kuota penerimaan CPNS khusus dokter spesialis," demikian Rojali.