Sutradara Joko Anwar isyaratkan "Pengabdi Setan 3" dengan sejumlah syarat

id pengabdi setan,pengabdi setan 2,joko anwar,film horor,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Sutradara Joko Anwar isyaratkan "Pengabdi Setan 3" dengan sejumlah syarat

Sutradara Joko Anwar dalam acara "gala premiere" film “Pengabdi Setan 2: Communion” di XXI Epicentrum, Jakarta, (02/08/2022). (ANTARA/Rizka Khaerunnisa)

Jakarta (ANTARA) - Sutradara Joko Anwar mengisyaratkan dirinya akan membuat “Pengabdi Setan 3” dengan catatan film kedua yang tayang pada 4 Agustus mendatang bisa membangun rasa keingintahuan dari penonton.

“Apakah akan ada ‘Pengabdi Setan 3’? Kita akan lihat apakah penonton akan cinta atau tidak ke karakter-karakter yang ada di ‘Pengabdi Setan 2’, dan jawabannya akan kita ketahui dalam waktu yang singkat,” kata Joko usai press screening di Jakarta, Selasa (2/8).

Ia mencontohkan tentang bagaimana “Pengabdi Setan 2: Communion” dibuat, dimulai dari skenario film pertama yang menyisakan banyak pertanyaan menggantung.

Baca juga: Film "Pengabdi Setan 2: The Communion" rilis trailer, tayang 4 Agustus

Ketika akhirnya “Pengabdi Setan” dirilis pada 2017, berbagai pihak juga mempertanyakan apakah film akan dilanjutkan dengan sekuel, tetapi Joko menegaskan kembali dirinya bakal melanjutkan film apabila mendapat respon baik dari penonton.

“Kami akan bikin kelanjutannya dengan catatan filmnya harus sukses dulu. Sukses artinya apa? Apakah sukses komersil? Tidak. Sukses komersil tidak pernah menunjukkan bahwa film itu sukses. Sukses berarti filmnya harus sustain secara penonton ingin mengetahui kelanjutannya,” katanya.

Baca juga: "Pengabdi Setan 2" tayang 4 Agustus 2022

Bagi Joko, ukuran sukses sebuah film yang ia buat bukan dilihat dari pencapaian angka seperti jumlah penonton. Joko mengaku dirinya tidak terbebani dengan target jumlah penonton mengingat “Pengabdi Setan 1” berhasil menembus lebih dari 4 juta penonton. Bahkan film pertama juga berhasil mendapatkan 13 nominasi Festival Film Indonesia 2017 dan memenangkan tujuh di antaranya.

“Beban kami tidak pernah di angka. Kalau aku, sih, bikin film tidak pernah (soal) angka,” tuturnya.

Baca juga: Sutradara "The Medium" terpikir gandeng Joko Anwar garap film horor