Begini cara memberi makan kucing liar

id hewan peliharaan,kucing,street feeding,kucing liar,hewan terlantar

Begini cara memberi makan kucing liar

Pekerja membersihkan halaman di tempat penampungan Rumah Kucing Parung (RKP), RT 01/07 Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Kemang, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/11/2019). Rumah penampungan kucing yang memiliki sedikitnya 300 ekor kucing kampung tersebut untuk membantu menyelamatkan kucing jalanan maupun kucing peliharaan yang dititipkan, dengan aktivitas pemberian makan, perawatan dan pengobatan donasi warga. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/ama. (ARIF FIRMANSYAH/ARIF FIRMANSYAH)

Jakarta (ANTARA) - Pendiri yayasan Animal Defenders Indonesia Doni Herdaru mengingatkan para pencinta binatang agar lebih tertib saat menaruh makanan di jalanan alias "street feeding" untuk hewan terlantar.

Menurut dia tindakan yang bertujuan sebaiknya tidak mengganggu lingkungan, misalnya menimbulkan sampah.

"Jangan taruh sembarangan, misalnya perhatikan taruh di mana, kalau beri makanan basah, pakai alas seperti daun atau plastik pengganti yang terbuat dari ketela," kata Doni dalam bincang-bincang di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Merawat kucing, mulai dari bulu panjang hingga kucing rumahan

Aktris dan aktivis pembela hak hidup dan kesejahteraan hewan Davina Veronica yang juga pendiri Natha Satwa Nusantara adalah salah satu orang yang kerap memberi makan hewan-hewan liar di rumahnya.

"Di rumah ada banyak kucing liar yang saya kebiri lalu kasih makan rutin pagi dan sore," kata Davina.