Pelajar RI raih juara 2 di kompetisi sains internasional

id ASPC 2022, Asean Student Science Project Competition,pelajar Indonesia,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Pelajar RI raih juara 2 di kompetisi sains internasional

Asean Student Science Project Competition (ASPC) 2022. Sumber: Laman resmi BRIN

Jakarta (ANTARA) - Pelajar Indonesia Farrel Aryo W dari MAN Insan Cendekia Gorontalo meraih juara 2 di kompetisi sains internasional di ajang Asean Student Science Project Competition (ASPC) 2022, yang diadakan pada 1-3 Juli 2022 oleh Thailand.

"Adalah tugas kami untuk menjembatani potensi talenta muda muda Indonesia menduniakan riset dan inovasi nasional," kata Deputi Sumber Daya Manusia Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Edy Giri Rachman dalam keterangan yang diakses ANTARA di laman resmi BRIN di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Tim mahasiswa UI juara lomba video ilmu kebumian internasional

Dalam kompetisi dalam jaringan itu, Farrel memperoleh juara 2 kategori Sains Terapan dengan karya ilmiahnya “Wrist Strap Innovation for Body Temperature (oC), Heart Rate (Bpm), & Oxygen Saturation Level (%Spo2) Real-Time Monitoring Using Photoplethysmograph Method”.

Selain itu, pelajar Vania Anindita dan Najikha Aaliyah dari SMA IT Al Irsyad Purwokerto mendapatkan penghargaan the Consolation Prize kategori bidang ilmu Biologi dengan karya ilmiahnya “Analysis of the Potential of Mangostin Compounds as Glycoprotein Inhibitors 2019-nCOV Based on Computational Chemistry Approach: Molecular Docking”.

Baca juga: Pelajar Indonesia juara lomba Inovasi Internasional

Para pelajar tersebut merupakan pemenang kedua Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) BRIN yang digelar pada Oktober 2021. Mereka mendapat bimbingan dari peneliti BRIN dan tim Pembinaan Kader Talenta Muda Manajemen Talenta BRIN untuk persiapan kompetisi ASPC 2022.

Asean Student Science Project Competition (ASPC) merupakan lomba karya ilmiah internasional yang diperuntukkan bagi para siswa SMA/Sederajat di kawasan Asia Tenggara.

ASPC 2022 diikuti oleh total 46 karya ilmiah dari enam negara di Asia Tenggara yang dibagi dalam empat kategori, yakni proposal penelitian serta karya ilmiah penelitian bidang ilmu biologi, fisika, dan terapan.

Pada ajang ASPC 2022, Indonesia mengirim lima karya ilmiah, yang semuanya merupakan juara kedua dari ajang LKIR 2021. Tiga karya ilmiah lainnya adalah "Environmentally Friendly Air Conditioning Using Ground Heat Energy and Renewable Electricity" karya siswa SMA 3 Bandung.

Kemudian, karya ilmiah berjudul "Analysis of Fibonacci Patterns on Blood Shells (Anadara granosa) with Pascal Triangle Arrangement as Rob Water-Breaking Concept in Coastal Areas" dari siswa SMA N 1 Kaliwungu.

Selanjutnya, karya ilmiah dengan judul "Manufacture of Hpv Strip Pantyliner to Detect the L1 Human Papilloma Virus Protein Capsid in Cervical Mucus Samples" dari siswa MAN 2 Malang.