148 calon haji OKU dinyatakan negatif COVID-19

id haji ogan komering ulu,pemberangkatan jamaah haji,pelayanan haji,haji,covid-19,jch oku,oku,jemaah haji

148 calon haji OKU dinyatakan negatif COVID-19

Petugas Dinas Kesehatan melakukan prosedur pemeriksaan RT-PCR pada calon haji menjelang keberangkatan ke Tanah Suci di Puskesmas Kemalaraja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Senin (27/6/2022). (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 148 calon haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, dinyatakan negatif COVID-19 setelah menjalani pemeriksaan RT-PCR.

Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Ogan Komering Ulu Abdul Muis di Baturaja, Selasa, mengatakan bahwa pemeriksaan RT-PCR untuk mendeteksi penularan COVID-19 dilakukan pada seluruh calon haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Tes PCR ini menjadi syarat untuk berangkat ke Tanah Suci. Alhamdulillah kemarin seluruh JCH sudah dites PCR oleh Dinas Kesehatan Kabupaten OKU," katanya.

Baca juga: Kemenag Sumsel telah memberangkatkan 1.349 calon haji
Menurut dia, hasil pemeriksaan menunjukkan jamaah calon haji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang meliputi 148 orang semuanya negatif COVID-19 sehingga bisa diberangkatkan ke Tanah Suci pada 29 Juni 2022.

"Besok seluruh jamaah OKU bertolak menuju Tanah Suci Mekah," katanya, menambahkan, jamaah OKU tergabung dengan kelompok terbang 5 Embarkasi Palembang.

Ia mengatakan bahwa sesampai di Asrama Haji jamaah calon haji akan menjalani pemeriksaan lagi sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi.

Abdul juga menyampaikan imbauan kepada seluruh anggota jamaah untuk menjaga kesehatan agar bisa menunaikan ibadah dengan baik selama berada di Tanah Suci.

Dia mengemukakan bahwa suhu Tanah Suci cukup panas, berkisar 43 derajat Celsius, karenanya jamaah haji harus memperhatikan konsumsi air minum, menggunakan alat pelindung panas, dan mengatur aktivitas agar terhindar dari dehidrasi dan gangguan kesehatan yang lain.
Baca juga: 76.421 calon haji Indonesia tiba di Arab Saudi