297 warga Ogan Komering Ulu sudah melunasi biaya haji

id calon haji OKU,pelunasan biaya haji,pelayanan haji

297 warga Ogan Komering Ulu  sudah melunasi biaya haji

Arsip Foto - Jamaah haji mengelilingi kakbah di Kota Makkah, Arab Saudi, pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2020, saat COVID-19 mulai mewabah. (ANTARA/REUTERS/Saudi Ministry of Media via / La/pri.)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 297 warga Muslim di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji dan berhak berangkat ke Tanah Suci tahun ini bila Pemerintah Arab Saudi mengizinkan jamaah asal Indonesia melaksanakan ibadah haji.

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Ogan Komering Ulu Abdul Muis di Baturaja, Kamis, mengatakan bahwa di antara 297 warga yang sudah melunasi ongkos haji ada yang 15 orang yang sudah meninggal dunia.

Sesuai ketentuan pemerintah, ia menjelaskan, warga yang meninggal dunia setelah melunasi ongkos haji dapat digantikan oleh anggota keluarganya.

Abdul menjelaskan pula bahwa Kantor Kementerian Agama tetap mempersiapkan pemberangkatan jamaah haji meski belum ada kepastian dari Pemerintah Arab Saudi mengenai kuota jamaah haji Indonesia.

Warga yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci, menurut dia, sudah diminta melakukan vaksinasi COVID-19.

"Vaksinasi JCH (jamaah calon haji) saat ini sudah mencapai 100 persen," katanya.