Ketua SEC: Banyak yang harus dilakukan untuk lindungi investor kripto

id Ketua SEC,Gary Gensler,uang kripto,investor kripto,lindungi investor

Ketua SEC: Banyak yang harus  dilakukan untuk lindungi investor kripto

Foto Dokumen: Ketua Komite Sekuritas dan Bursa AS (SEC) Gary Gensler bersaksi di depan sidang pengawasan Komite Perbankan, Perumahan, dan Perkotaan Senat tentang SEC di Capitol Hill di Washington, AS, 14 September 2021. ANTARA/REUTERS/Evelyn Hocks

Washington (ANTARA) - Aset-aset mata uang kripto sangat spekulatif dan investor di dalamnya membutuhkan lebih banyak perlindungan atau mereka bisa kehilangan kepercayaan di pasar, Gary Gensler, ketua Komite Sekuritas dan Bursa AS (SEC), mengatakan pada Senin (16/5).

Umumnya, orang yang membeli mata uang kripto tidak mendapatkan keterbukaan yang mereka dapatkan ketika mereka melakukan pembelian aset lain di sekitar hal-hal seperti apakah platform perdagangan yang mereka gunakan benar-benar berdagang terhadap mereka, atau apakah mereka benar-benar memiliki aset yang mereka simpan di dompet digital, kata Gensler.

"Kami memiliki tawar-menawar dasar ini: Anda investor publik dapat membuat pilihan tentang risiko yang Anda ambil, tetapi seharusnya ada pengungkapan penuh dan adil, dan orang-orang tidak seharusnya berbohong kepada Anda," katanya di konferensi tahunan Financial Industry Regulatory Authority's di Washington.

Pernyataannya muncul setelah keruntuhan spektakuler TerraUSD minggu lalu, yang disebut stablecoin yang kehilangan patok 1 banding 1 dolar AS.

Kehancuran token itu mengirim mata uang kripto jatuh, penurunan yang dilanjutkan pada Senin (16/5), karena bitcoin menghapus keuntungan yang telah diperolehnya selama akhir pekan untuk diperdagangkan di bawah 30.000 dolar AS, jauh di bawah rekor 10 November di 69.000 dolar AS.

Sementara pasar kripto dianggap terdesentralisasi, kenyataannya adalah bahwa sebagian besar aktivitas terjadi pada beberapa platform perdagangan, yang, bersama dengan penerbit token, perlu bekerja dengan SEC untuk meningkatkan aturan dan pengungkapan industri, kata Gensler.

Dia menunjuk pada prinsip-prinsip pasar dasar seperti, "anti penipuan, anti-manipulasi, memastikan tidak ada yang mendahului, memastikan buku pesanan benar-benar nyata dan tidak dibuat-buat."

SEC akan terus menjadi "polisi yang siap sedia," saat bekerja dengan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC) untuk memastikan semua mata uang kripto tercakup, kata Gensler.

"Ada banyak yang harus dilakukan di sini, dan sementara itu publik investor tidak terlindungi dengan baik," katanya.