Ratusan pemudik ikuti program mudik gratis Pemprov Sumsel

id Gubernur Sumsel,pemprov sumsel,mudik,lebaran,angkutan mudik

Ratusan pemudik ikuti program mudik  gratis Pemprov Sumsel

Gubernur Sumsel Herman Deru melepas peserta program mudik gratis di Terminal Alang-Alang Lebar, Palembang, Jumat (29/4/22). (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Setidaknya 300 orang pemudik mengikuti program mudik gratis yang digelar Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas pada momen Lebaran 2022.

Gubernur Sumsel Herman Deru melepas para pemudik di Palembang, Jumat, yang ingin kembali ke kampung halaman di sejumlah daerah Sumsel.

Para pemudik ini diberangkatkan dari Terminal Alang-alang Lebar Km 12 Palembang menuju sejumlah Kabupaten/kota di Sumsel menggunakan puluhan 12 unit bus.

“Armada bus harus benar-benar siap mengangkut para pemudik, untuk itu para awak bus mohon tetap berhati-hati dalam perjalanan dan selalu berikan pelayanan yang terbaik," kata Herman Deru.

Dalam program mudik gratis dengan tema "Mudik Sehat, Mudik Selamat" tersebut, Pemprov Sumsel menyediakan sebanyak 12 bus dari PT Damri dengan rute tujuan kota dan kabupaten di Sumsel.

Gubernur berniat menjadikan program mudik gratis sebagai agenda tahunan di Sumsel.

"Kami akan lihat efektivitas dari program ini, jika memang program ini banyak diminati dan antusias dari masyarakat maka tidak ada salahnya jika program ini dijadikan program tahunan," ujar dia.

Ia berharap program mudik gratis dapat membantu masyarakat dalam bersilaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman.

Ia berpesan kepada pemudik untuk tetap menjaga ketertiban dengan senantiasa mematuhi arahan para awak bus.

"Selamat jalan dan selamat bertemu keluarga di kampung halaman, dan pesan saya untuk hati-hati di jalan,” kata dia.

Pada kesempatan itu, dengan didampingi Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suharfi dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Hermanto, ia berkesempatan meninjau sejumlah bus yang siap digunakan untuk mudik.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Prov. Sumsel Ari Narsa JS mengatakan program mudik gratis ini dapat terselenggara berkat bantuan BUMD dan BUMN di Sumsel.

Adapun rute perjalanan mudik tahun 2022 ini meliputi Palembang - Tanjung Api-api, Palembang - Prabumulih - Muara Enim - Lahat - Pagar Alam - Empat Lawang, Palembang - Ogan Komering Ulu (OKU) - OKU Timur, OKU Selatan dan Palembang - Sekayu - Musi Rawas - Lubuk Linggau - Musi Rawas Utara.