Sejumlah seniman Palembang lakukan kegiatan peduli sesepuh

id Seniman, budayawan, seniman palembang, program peduli sesepuh, seniman peduli sesepuh, kegiatan sosial, kunjungan ke ses

Sejumlah seniman Palembang lakukan kegiatan peduli sesepuh

Sejumlah seniman dan budayawan Palembang mengunjungi keluarga pencipta lagu Pempek Lenjer almarhum S Tarno. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Sejumlah seniman dan budayawan di Kota Palembang, Sumatera Selatan, melakukan kegiatan peduli sesepuh selama Bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

"Kegiatan peduli sesepuh itu diawali dengan mengunjungi rumah keluarga almarhum S. Tarno, pencipta lagu Pempek Lenjer,"  kata Seniman Ali Goik, di Palembang, Selasa.

Dalam kegiatan sosial itu, seniman dan budayawan Palembang seperti Vebry Al Lintani, Fir Azwar, Sujarwo, dan Jimi Hutan Tropis menyampaikan tali asih sejumlah uang tunai kepada keluarga almarhum S. Tarno.

Menurut dia, kegiatan tersebut akan terus dilakukan ke sejumlah sesepuh lainnya hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada awal Mei 2022 sebagai wujud kepedulian kepada sesama seniman dan keluarganya.

Dalam kegiatan sosial dan silaturahmi itu, dibahas juga mengenai pelestarian lagu ciptaan sesepuh agar bisa selalu dikenang dan dikenal agar bisa memacu seniman muda untuk terus berkarya.

"Untuk melestarikan karya seni sesepuh, akan dilakukan rekaman ulang oleh sejumlah seniman seperti Vebry Al Lintani, Fir Azwar, Sujarwo, Jimi Hutan Tropis, dan saya," kata Ali Goik.

Sementara itu, Fir Azwar salah satu penyanyi yang terlibat dalam rekaman (cover) lagu Pempek Lenjer menjelaskan bahwa lagu tersebut perlu dilestarikan karena sebagai ikon Kota Palembang dan untuk mengapresiasi karya seniman besar.

"Selain itu, untuk mendukung pempek sebagai makanan khas daerah yang sekarang sedang diajukan menjadi warisan dunia di UNESCO," ujar Fir Azwar.

Ahli waris pencipta lagu Pempek Lenjer, Murtini menyatakan dia dan keluarga besar menyambut baik dan setuju atas rencana sejumlah seniman dan budayawan melestarikan lagu ciptaan kakak kandungnya almarhum S Tarno.

"Saya selaku adik kandung dari pencipta lagu Pempek Lenjer menyambut baik niat dari seniman Palembang untuk mengangkat lagu ciptaan dari Mas Tarno, banyak lagu ciptaan almarhum yang sudah terpublikasi terutama lewat kelompok Band Golden Wing pimpinan almarhum Karel Simon," kata Murtini.