Ini keuntungan gunakan kampas rem non asbestos

id Kampas rem,VTC,Sistem pengereman,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Ini keuntungan gunakan kampas  rem non asbestos

Kampas rem VTC (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Tingkat polusi udara di kota-kota besar yang begitu tinggi, membuat produsen kampas rem asal Vietnam VTC masuk ke pasar otomotif di Indonesia dengan produk yang mereka klaim ramah lingkungan karena 100 persen tidak menggunakan bahan asbestos di dalamnya.

"VTC dibuat dari bahan 100 persen non asbestos. VTC menggunakan bahan keramik organik yang ramah lingkungan, mudah dipasang (plug and play). Material yang digunakan untuk produksi disc pad dan brake shoe semua menggunakan bahan standar OEM," ungkap Direktur PT Mega Elig Indonesia, Tri Satria Budi dalam keterangan resminya dikutip Senin.

Dia mengatakan bahwa tidak hanya dari kendaraan roda empat, roda dua atau kendaraan-kendaraan angkutan yang menyumbang polusi dari knalpotnya, polusi juga terjadi karena adanya debu yang dihasilkan dari kampas rem.

"Harga jual yang cukup murah, maka banyak produsen kampas rem yang mencampurkan bahan asbestos ke dalamnya. Namun, hal ini tentu tidak akan memberi dampak yang baik untuk lingkungan dan juga kondisi motor kita terlebih pada bagian sistem pengereman," ucap Tri Satria.

Kampas rem dari VTC yang berada di bawah PT Mega Elig Indonesia, disebut memiliki berbagai kelebihan, mulai dari pemasangan yang mudah, harga yang terjangkau dan material yang digunakan untuk produksi disc pad atau brake shoe sudah disesuaikan dengan bahan standar OEM.

Selain itu, kampas rem ini juga sudah disematkan teknologi Elig Friction Technology (EFT) yang diklaim dapat meningkatkan kualitas bahan friksi dengan formulasi khusus untuk menciptakan material berkualitas dari hasil integrasi tiga negara yakni Jepang, Amerika Serikat, dan Taiwan.

"Titik pengereman lebih dekat, responsif, tidak berisik, dan anti selip di segala cuaca," kata dia.

Tri Satria juga mengklaim, hadirnya VTC di Indonesia untuk memberikan solusi kepada mereka yang sering mengeluhkan bahwa piringan cakram memiliki masa berlaku cukup singkat karena hasil gesekan dari kampas rem yang tidak baik.

"Kalau kita tahu kan, sistem pengereman itu kan pasat ada gesekan yang harus mengorbankan salah satu komponen. Kampas rem VTC ini sudah dirancang untuk tidak memakan piringan jadi jauh lebih irit dan panjang usianya itu piringan," ucap dia.

Kampas rem VTC ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp50 ribu hingga Rp80 ribuan dan sudah tersedia di berbagai toko suku cadang otomotif serta platform e-Commerce di Indonesia.