Binda Sumsel bantu percepatan vaksinasi COVID-19 di OKU

id Badan Intelijen Negara, BIN Daerah Sumsel, vaksinasi warga, dosis vaksin, Dinas Kesehatan OKU.

Binda Sumsel bantu percepatan  vaksinasi COVID-19 di OKU

BIN Daerah Sumsel mengawal program vaksinasi di Kabupaten OKU. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Sumatera Selatan berkomitmen membantu percepatan  vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) agar mencapai target atau sasaran yang ditetapkan.

"Khususnya vaksin dosis ketiga mengingat capaian di OKU masih sangat rendah, baru tercapai sekitar 4,41 persen atau masih di bawah angka 15.000 jiwa dari 250 ribu sasaran," kata Kepala Binda Sumsel Brigjen TNI Armansyah melalui Kaposda OKU Raya, Selamet Wibowo di Baturaja, Jumat.

Dia mengatakan percepatan vaksinasi ini untuk mengejar target nasional 262.000 setiap bulannya warga tervaksin yang dibagi di 17 kabupaten/kota di Sumsel, termasuk Kabupaten OKU.

Sebagai upaya percepatan pihaknya mengalokasikan dosis vaksin secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat OKU agar mendapat vaksin lengkap guna menangkal COVID-19.

Pada Maret 2022 ini, kata dia, BIN menargetkan sebanyak 20.000 dosis vaksin dialokasikan untuk Kabupaten OKU yang diperuntukkan bagi semua kalangan masyarakat mulai dari lansia hingga anak usia 6-11 tahun.

Dalam pelaksanaannya, BIN berkolaborasi dengan pemerintah daerah guna mengawal program vaksinasi hingga ke desa-desa di wilayah itu.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan masyarakat khususnya lansia di pelosok desa lebih mudah mendapat vaksin melalui upaya jemput bola.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten OKU hingga saat ini cakupan program vaksinasi untuk semua kelompok masyarakat sudah di angka 91,20 persen dosis pertama dan 73,58 persen dosis kedua.

"Sedangkan untuk dosis ketiga masih rendah yaitu baru di angka 4,41 persen," kata Pelaksana Harian Kepala Dinas Kesehatan OKU, Andi Prapto menambahkan.

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar mau divaksin penguat pihaknya menggalakkan Program Gebyar Keroyok Vaksin berhadiah yang dilakukan sejak awal hingga akhir Maret 2022.

Dalam Gebyar Keroyok Vaksin yang dilaksanakan di seluruh puskesmas dan pos-pos pelayanan vaksinasi di OKU tersebut disiapkan berbagai hadiah menarik mulai dari mesin cuci, lemari es, kompor gas hingga hadiah satu unit sepeda motor.

"Mudah-mudahan program ini dapat meningkatkan capaian vaksinasi khususnya dosis ketiga agar Kabupaten OKU bebas dari penyebaran COVID-19," harapnya.