OKU optimistis raih predikat Kabupaten Layak Anak

id Kabupaten/kota layak anak, indikator KLA, predikat KLA, hak anak, Dinas PPPA OKU

OKU optimistis raih predikat Kabupaten Layak Anak

Jajaran Pemkab OKU menggelar rapat gugus tugas Kabupaten Layak Anak (KLA), Senin. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, tahun ini optimistis meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan memenuhi beberapa indikator pemenuhan hak dan perlindungan anak di wilayah itu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten OKU, Arman di Baturaja, Senin menjelaskan, Kabupaten/kota Layak Anak adalah daerah yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak.

Pembangunan berbasis hak anak ini melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana dalam kebijakan ataupun program untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

Adapun indikator yang harus dipenuhi dalam meraih predikat KLA ini antara lain yaitu adanya pelayanan ramah anak yang saat ini sudah tersedia di sejumlah instansi dan OPD di pemerintahan daerah setempat.

"Seperti di rumah sakit, sekolah dan beberapa instansi lainnya di Pemkab OKU yang saat ini sudah ada pelayanan khusus ramah anak harus dimaksimalkan dalam pelayanannya," jelasnya.

Selain itu, untuk mengejar predikat tersebut pemerintah daerah telah membentuk gugus tugas percepatan Kabupaten Layak Anak (KLA) yang dibentuk sejak tahun lalu.

OPD yang termasuk dalam gugus tugas penilaian kabupaten layak anak ini telah bekerjasama dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing agar OKU tahun ini masuk dalam nominasi penilaian Kabupaten Layak Anak.

"Oleh sebab itu dengan upaya-upaya yang telah dilakukan tersebut diyakini OKU tahun ini dapat menyandang predikat sebagai Kabupaten Layak Anak," ujarnya.